Seleksi Penerimaan Bintara Polri Kembali Dibuka, Berikut Cara Mendaftarnya

Seleksi Penerimaan Bintara Polri Kembali Dibuka, Berikut Cara Mendaftarnya

Seleksi Penerimaan Bintara Polri Kembali Dibuka, Berikut Cara Mendaftarnya

Bagi kalian semua yang mengidamkan untuk masuk Kepolisian Republik Indonesia, saat ini Polri sedang membuka seleksi penerimaan. Lebih tepatnya seleksi Penerimaan Calon Bintara Perawat Polri tahun penerimaan 2021. Pada tahun ini penerimaan sudah dibuka pada bulan Agustus 2021.

Seperti yang tertera pada pengumuman di lama resmi Polri, seleksi penerimaan bintara perawat Polri secara khusus akan difungsikan untuk penanganan Covid-19 di tahun 2021 ini. Penerimaan Bintara Polri bagian perawat ini masuk pada Kompetensi Khusus (Bakomsus) untuk profesi Perawat dan Bidan.

Jadwal Pendaftaran Seleksi Calon Bintara Perawat dan Bidan Polri 2021

Dikutip dari laman penerimaan.polri.go.id, pendaftaran seleksi Bintara Perawat dan Bidan Polri akan dibuka mulai 20 sampai 23 Agustus 2021 (selama 3 hari). Posisi ini mempunyai kuota formasi yang dibutuhkan sebanyak 250 anggota.

Persyaratan Umum Seleksi Bintara Perawat dan Bidan Polri 2021

Bagi yang ingin mengikuti seleksi perlu mempersiapkan diri dan memenuhi persyaratan umum pendaftarannya sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasar pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945

4. Telah menempuh pendidikan minimal setingkat SMA/SMK atau sederajad.

5. Sehat jasmani maupun rohani

6. Memiliki usia minimal 18 tahun pada saat dilantik sebagai anggota.

7. Tidak pernah terlibat dalam tidak pidana dengan dibuktikan melalu Surat Keterangan Catatan Kepolisian

8. Memiliki karakter dan sifat adil, jujur, berwibawa, dan tidak berkelakuan tercela.

Selain persyaratan umum diatas, ada beberapa persyaratan khusus dalam seleksi calon bintara perawat.

Persyaratan Khusus Seleksi Calon Bintara Perawat dan Bidan Polri 2021:

1. Pria atau wanita yang bukan merupakan anggota maupun mantan Polri, TNI, bukan merupakan PNS, dan belum pernah menjalani pendidikan Polri maupun TNI sebelumnya

2. Status belum menikah, bagi wanita belum pernah hamil maupun melahirkan, dan bersedia untuk tidak menikah selama proses pendidikan Polri.

3. Bagi lulusan Diploma 3 (D3), harus memiliki IPK minimal 2,50 dimana berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi dimana usia maksimal yang dibolehkan 30 tahun

4. Bagi lulusan Diploma 4 atau Srjana, setidanya IPK minimal 2,50 berasal dari perguruan tinggi terakreditasi dan usia maksimal juga 30 tahun.

5. Tinggi badan pendaftar Pria minimal adalah 163 cm, namun khusus untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) adalah 160 cm.

6. Tinggi badan pendaftar Wanita minimal 160 cm, dan khusus untuk ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) minimal adalah 158 cm.

7. Tidak memiliki tato, tidak memiliki tindik, kecuali dikarenakan alasan ajaran agama atau adat.

8. Bebas dari narkoba dibuktikan dengan hasil pemeriksaan kesehatan dari Panpus atau Panda.

9. Tidak pernah terlibat dalam organisasi atau paham-paham yang bertentangan dengan nilai ajaran Pancasila, UUD tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

10. Tidak pernah terlibat atau melakukan pelanggaran norma agama, norma kesusilaan, norma sosial dan hukum.

Cara Mendaftar Seleksi Bintara Perawat dan Bidan Polri 2021:

1. Buka halaman website penerimaan anggota bintara perawat Polri dengan alamat web penerimaan.polri.go.id

2. Selanjutnya pada menu home pilih jenis seleksi Bintara Polri namun bisa juga konsultasi oleh panitia penerimaan daerah

3. Lalu isi form pendaftaran yakni dengan menginput identitas pendaftar, input NIK yang sudah terdaftar Disdukcapil, pengisian identitas orang tua dan isian lain sesuai form website penerimaan polri
(dalam hal ini pendaftar harus mengisikan form dengan data-data yang sebenarnya)

4. Selanjutnya setelah berhasil mengisi form registrasi online, peserta akan mendapatkan username dan password yang digunakan untuk login ke dashboard untuk upload berkas pendaftaran, dan update informasi lainnya.

5. Dari sini para pendaftar akan mendapat bukti form registrasi online yang mana akan digunakan untuk verifikasi data di Polda.

Selanjutnya proses pendaftaran serta seleksinya akan dilaksanakan di masing-masing wilayah Polda disesuaikan dengan domisili calon peserta anggota. Untuk ujian kompetensi selanjutnya akan diselenggarakan di setiap wilayah Polda yang mana disitu terdapat calon peserta yang mengikuti seleksi penerimaan anggota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *