7+ Cara Merawat Kamera dan Lensa Agar Tidak Terkena Jamur

7+ Cara Merawat Kamera dan Lensa Agar Tidak Terkena Jamur

7+ Cara Merawat Kamera dan Lensa Agar Tidak Terkena Jamur

mywindowshelp.com – Bagi para fotografer ataupun para pecinta dunia kamera terutama DSLR dan Mirrorless, mencopot, mengganti dan memasang lensa adalah sebuah kepuasan sendiri. Kegiatan ini dilakukan biasanya didasarkan akan kebutuhan dan kodisi lapangan dalam memotret atau take video.

Namun seringkali setelah dipakai, lensa dan kamera jarang dibersihkan dan langsung disimpan begitu saja. Hal ini yang menyebabkan munculnya jamur pada lensa kamera.

Pada umumnya jamur hidup di daerah atau kondisi yang lembab. Begitu pula dengan jamur yang muncul dan tumbuh di lensa ayau sensor kamera. Mereka disebabkan oleh debu saat penggunaan di lapangan yang menempel di permukaan lensa, hingga berkembang sporanya sehingga jamuran. Tentu saja ini adalah hal yang buruk karena akan menimbulkan buram pada kamera dan menurunkan peformanya.

Hal ini memang seringkali terjadi terutama pada lensa Wheather Sealed yang digunakan daerah tropis seperti Indonesia. Oleh karena itu perlu adanya perawatan khusus untuk menjaga kondisi lensa agar tetap bersih, baik dan tidak berjamur.

Cara Merawat Lensa Kamera Agar Tidak Jamuran

Cara Merawat Kamera Lensa Agar Tidak Jamuran

1. Bersihkan Lensa dan Kamera secara Rutin

Setelah pemakaian di luar ruangan untuk keperluan memotret atau take video, jangan lupa membersihkan lensa dan kamera sebelum disimpan. Lebih bagus jika menggunakan Cleaning Kit untuk membersihkan lensa dan kameranya.
Cleaning Kit biasanya terdiri dari cairan pembersih, karet peniup, kuas lembut, lap khusus dan lainya yang berfungsi membersihkan lensa dan kamera.

2. Lepaskan Lensa dan Kamera saat disimpan

Ketika kamera DSLR akan disimpan dan sedang tidak dipakai akan lebih baik dicopot lensanya, baterai hingga memori card dari kameranya. Hal ini agar tidak menimbulkan kelembapan ketika disimpan yang mana akan memicu munculnya jamur

3. Jangan menyentuh langsung atau meniup sensor lensa kamera

Menyentuh langsung sensor lensa dikhawatirkan akan menimbulkan bercak, atau menempelnya kotoran yangd dapat merusak sensor. Selain itu, meniup sensor lensa akan menimbulkan uap air dan kelembapan yang dapat menimbulkan jamur.

4. Jangan menyimpan kamera di tas kamera

Seringkali hal ini dilakukan oleh kebanyakan orang ketika selesai menggunakan kamera. Menyimpan di tas kamera yang pada umumnya terbuat dari kain dan tidak kedap udara justru akan berakibat fatal. Kondisi ini akan menyebabkan kelembapan di dalam tas dan akan memicu munculnya jamur yang bisa menempel pada lensa kamera.

5. Simpan kameran dan lensa di Dry Box

Dry Box adalah kotak simpan yang secara khusus dibuat kedap udara dan difungsikan untuk menyimpan barang elektronik seperti kamera. Dry Box sendiri ada berbagai macam dari yang standar hingga mewah yang menggunakan sensor digital untuk mengatur kelembapan dalam box. Namun untuk yang standar, cukup menggunakan silica gel yang mana ketika habis bisa diganti isi ulang.

6. Jangan meletakkan kamera di tempat lembab

Menyimpan kamera di lingkungan lembab seperti di ruangan yang minim sirkulasi udaranya, bahkan di ruangan ber AC (terutama bawah AC) akan menimbulkan munculnya jamur pada lensa kamera.

7. Sedia Silica Gel dalam tas ketika bepergian

Ketika sedang keluar atau bepergian, alangkah lebih baiknya meletakkan Silica Gel di dalam tas bepergian.
Hal ini untuk mengatur kelembapak dalam tas ketika perjalanan. Dengan harapan meminimalisir situasi lembab dalam tas yang mampu menimbulkan bakal jamur di lensa kamera.

Demikian pembahasan Cara Merawat Kamera dan Lensa Agar Tidak Terkena Jamur, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *