3+ Cara Unreg Kartu Telkomsel Loop, AS dan simPATI

3+ Cara Unreg Kartu Telkomsel Loop, AS dan simPATI

3+ Cara Unreg Kartu Telkomsel Loop, AS dan simPATI

Kartu Telkomsel hilang atau sudah tidak aktif? Langsung lakukan unreg. Nah buat yang belum tahu cara unreg kartu Telkomsel entah itu As, Loop, maupun simPATI, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Sesuai aturan pemerintah, semua masyarakat Indonesia harus melakukan registrasi kartu agar bisa memakai kartu SIM. Aturan tersebut juga ada batasan maksimal berapa kartu SIM yang bisa dipakai. Jadi, kalau mau ganti kartu SIM harus dilakukan unreg terlebih dahulu.

Fungsi Unreg Kartu

Tidak sedikit orang yang belum paham betapa pentingnya melakukan unreg pada kartu yang sudah hilang, tidak aktif atau mau berganti kartu SIM.

Jadi fungsi unreg adala menjaga privasi dan keamanan data dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apabila tidak melakukan unreg pada kartu yang sudah tidak digunakan, maka ada kemungkinan data dari kartu SIM tersebut bisa di salah gunakan oleh seseorang yang entah iseng atau modus lain.

Selain itu, apabila mau berganti nomor yang sedang digunakan dengan nomor baru juga harus melakukan unreg terlebih dahulu. Pasalnya terdapat batasan registrasi kartu SIM yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Apabila kita melebihi batasan yang sudah ditetapkan maka tidak akan bisa melakukan registrasi pada kartu SIM. Alhasil kartu tersebut tidak dapat digunakan.

Cara Unreg Kartu Telkomsel

Untuk melakukan unreg kartu telkomsel, sangat mudah sekali. Hanya saja masih banyak orang yang belum paham dengan caranya.

Nah buat yang belum mengerti, jangan khawatir. Pasalnya dibawah ini sudah saya berikan panduan langkah-langkahnya. Silahkan ikuti saja, berikut pembahasannya:

1. Menggunakan USSD

Metode pertama untuk melakukan unreg pada kartu Telkomsel baik itu Loop, AS maupun simPATI adalah dengan memakai USSD. Cara ini terbilang paling gampang dan penggunaannya tidak perlu mengeluarkan pulsa.

Untuk melakukan unreg pada cara ini sangat mudah, nah buat yang belum paham dengan langkah-langkahnya bisa mengikuti panduannya dibawah ini:

  • Pertama buka terlebih dahulu menu panggilan di smartphone.
  • Kemudian ketik nomor *444# lalu tekan Call untuk melakukan panggilan.
  • Setelah itu layar akan muncul dengan informasi berapa pilihan layanan kartu Telkomsel.
  • Silahkan cari dan pilih opsi unreg. Lalu tekan opsi tersebut.
  • Selanjutnya sediakan KTP, kemudian masukkan 16 digit nomor NIK pada kolom yang disediakan.
  • Kemudian tekan tombol Kirim atau Send.
  • Terakhir tunggu hingga proses unreg selesai.
  • Setelah selesai, layar akan menampilkan pemberitahuan jika kartu yang digunakan sudah berhasil di unreg.

2. Menggunakan SMS

Metode selanjutnya yang bisa digunakan untuk melakukan unreg kartu Telkomsel seperti Loop, As, dan simPATI adalah dengan menggunakan layanan SMS.

Bisa dibilang cara ini paling sering dan umum digunakan orang-orang. Karena prosesnya gampang dan tidak merepotkan penggunaannya.

Meskipun begitu, masih saja banyak orang yang belum paham dengan langkah-langkah. Nah buat yang belum paham bisa menyimak panduannya dibawah ini:

  • Pertama buka aplikasi Pesan terlebih dahulu.
  • Jika sudah langsung ketik saja pesan dengan format UNREG#NomorNIK. Contohnya: UNREG#1231231231231231
  • Setelah itu langsung kirim pesan tersebut ke nomor 444.
  • Silahkan tunggu hingga proses unreg kartu Telkomsel di konfirmasi.
  • Nantinya akan memperoleh SMS balasan berupa informasi permohonan unreg kartu tersebut.

3. Di Grapari Terdekat

Cara unreg kartu Telkomsel selanjutnya langsung di Grapari. Metode ini sangat cocok digunakan seseorang, apabila tempat tinggalnya dekat dengan lokasi Grapari.

Kita hanya perlu menyediakan kartu identitas diri seperti KTP, Kartu Keluarga dan nomor HP yang dapat dihubungi satu bulan terakhir.

  • Selanjutnya langsung datang ke mesin MyGrapari.
  • Kemudian pilih menu Pelanggan Telkomsel.
  • Setelah itu, tekan menu Kartu SIM rusak atau hilang.
  • Jika sudah, silahkan masukkan nomor kartu Telkomsel yang hilang atau rusak.
  • Selanjutnya masukkan nomor KTP dan Kartu Keluarga supaya proses validasi bisa segera dilakukan.
  • Setelah selesai, mesin akan langsung mengeluarkan SIM Card baru yang mempunyai nomor sama dengan nomor telkomsel kita yang hilang.

Pada intinya adalah ketika melakukan unreg di Grapari penggunanya dapat menghapus data dari nomor kartu Telkomsel yang hilang. Lalu mempunyai nomor HP baru, namun sama dengan nomor HP yang hilang.

Mengapa Harus Unreg Kartu SIM?

Setidaknya ada berbagai macam alasan kenapa seseorang melakukan unreg kartu Telkomsel, entah itu sudah tidak terpakai lagi, mau berganti provider lain dan lain sebagainya.

Namun kebanyakan alasan seseorang adalah adanya pembatas maksimal tiga nomor ponsel yang bisa dilakukan registrasi dengan memakai satu identitas saja.

Berikut dibawah ini ada beberapa alasan kenapa seseorang mau melakukan unreg kartu Telkomsel, seperti:

1. Melindungi Data

Banyak diantara kita yang menyimpan data pribadinya di dalam kartu SIM yang di pakai. Misalnya pin untuk pembayaran, nomor identitas diri dan lain sebagainya.

Apabila tidak ingin melakukan unreg kartu SIM, dan kartu itu masih bisa dipakai. Maka hal yang di takutkan adalah data yang ada di dalam kartu telkomsel tersebut dapat dicuri oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab dan bisa digunakan untuk kejahatan, penipuan dan lain sebagainya.

2. Membuat Sukses Program Pemerintah

Alasan lainnya apabila diantara kita mau melakukan unreg kartu Indosat yang sudah tidak digunakan adalah orang tersebut mau ikut serta dalam mensukseskan program pemerintah.

Terutama adalah menjaga keamanan dan kerahasiaan data pribadi atau data lainnya yang ada di dalam kartu Telkomsel.

Karena Indonesia sendiri telah memiliki aturan soal perlindungan data pribadi yakni Peraturan Pemerintah No 20 Tahun 2016.

Maka dari itu, dengan kita melakukan unreg kartu SIM yang tidak terpakai, setidaknya ikut berpartisipasi aktif dalam mendukung kesadaran warga dalam melindungi data pribadi.

3. Mencegah Tindakan Tidak Bertanggung Jawab

Alasan lain adalah mencegah terjadinya tindakan seseorang yang tidak mau bertanggung jawab. Dimana database yang ada di dalam kartu Telkomsel, jika sampai jatuh ke tangan orang tersebut akan sangat berbahaya.

Bahkan bisa memungkinkan kalau data yang ada di dalam kartu Telkomsel bisa digunakan untuk tindak kejahatan, penipuan atau yang merugikan orang lain.

Jadi kalau keadaan seperti itu sampai terjadi, tentunya pemilik kartu Telkomsel akan terkena dampak negatif.

Proses Unreg Kartu Telkomsel Gagal?

Bagi yang mengalami kegagalan pada saat melakukan unreg kartu Telkomsel biasanya karena penggunaannya salah dalam mengetik nomor NIK atau sedang ada gangguan sinyal.

Kartu milik kita yang masih terdaftar dalam Telkomsel dan kuota internet serta jumlah pulsa yang di miliki tidak akan berkurang kok, jadi tenang saja.

Bagi yang mengalami kegagalan, solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan proses unreg ulang dan pastikan menulis nomor NIK dan KK sudah benar.

Silahkan di cek dengan cermat supaya tidak ada kesalahan. Apabila terdapat kesalahan, silahkan langsung di ganti sampai benar. Baru dilakukan kembali proses unreg supaya berjalan dengan lancar dan berhasil.

Bagaimana dengan ulasan diatas mengenai cara unreg kartu Telkomsel? Apakah kalian sudah paham dengan langkah-langkahnya? Sangat mudah sekali bukan? Kalian bisa memilih salah satu metode yang paling cepat dan tidak ribet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *