3+ Cara Registrasi Kartu Indosat Cepat dan Mudah

3+ Cara Registrasi Kartu Indosat Cepat dan Mudah

3+ Cara Registrasi Kartu Indosat Cepat dan Mudah

Tidak mau bukan kartu Indosat yang saat ini sedang digunakan tiba-tiba di blokir? Segera lakukan registrasi. Apabila bingung mengenai cara registrasi kartu Indosat Ooredoo, silahkan simak ulasannya sampai selesai.

Seperti yang kita tahu, dari berapa banyak provider seluler di Indonesia, cara registrasi kartu SIM semuanya hampir sama dengan provider lainnya. Dan yang harus tahu, registrasi wajib dilakukan entah itu pengguna lama maupun pelanggan baru.

Cara Registrasi Kartu Indosat

Untuk melakukan registrasi kartu Indosat ada beberapa metode yang bisa digunakan. Mulai dari melalui situs resmi Indosat, secara online, SMS atau bisa langsung mengunjungi Galeri Indosat terdekat wilayah kita.

Nah bagi yang belum paham dengan caranya, berikut dibawah ini sudah saya berikan panduan langkah-langkahnya:

1. Menggunakan SMS

Cara registrasi kartu Indosat pertama yang dapat dipakai, dan kebanyakan digunakan orang-orang adalah dengan melalui SMS.

Metode ini tergolong sangat simpel, dimana pelanggan lama atau baru hanya disuruh mengirimkan nomor Kartu Keluarga dan NIK. Lalu dikirim ke nomor 4444 melalui SMS.

Sebelum melakukan registrasi, pastikan sudah menyiapkan nomor KK dan NIK yang bisa di lihat di KTP atau KK. Untuk langkah-langkah registrasi memakai SMS, seperti:

Bagi pengguna nomor lama:

  • Untuk pengguna kartu Indosat, terutama Mentari dan IM3, berikut caranya: Ulang#NIK#Nomor KK#.
  • Sebagai contoh: Ulang#1234567890123456#3201060411300279#).
  • Kemudian kirimkan pesan tersebut ke nomor 4444.

Bagi pengguna nomor baru:

  • Untuk pemakai kartu Indosat Mentari dan IM3, berikut caranya: NIK#Nomor KK#
  • Sebagai contoh: 1234567890123456#3201060411300279#)
  • Kemudian kirimkan pesan tersebut ke nomor 4444.

Apabila proses registrasi berhasil atau gagal baik untuk pengguna kartu lama maupun baru jika berhasil, maka akan memperoleh balasan dari pihak Indosat.

Apabila ada kegagalan, mungkin saja nomor NIK yang kita ketika ada kesalahan atau tidak sesuai dengan yang tertulis di KTP dan KK. Jadi pastikan mengetik nomor NIK harus benar supaya proses validasi ke database Dukcapil bisa berhasil.

2. Secara Online

Melakukan registrasi kartu Indosat tidak hanya bisa menggunakan pesan SMS, namun penggunanya baik lama maupun baru bisa secara online dengan mengunjungi situs resminya.

Cara ini dapat dilakukan jika mempunyai jaringan internet. Nah bagi yang mau melakukan registrasi kartu Indosat bisa mencoba menggunakan metode ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Untuk pengguna kartu Indosat Ooredoo, silahkan buka situs Registrasi Kartu Prabayar baru.
  • Kemudian masukkan nomor kartu Indosat Prabayar yang mau digunakan.
  • Setelah itu, masukkan nomor PIN yang dikirimkan ke nomor HP tadi.
  • Selanjutnya masukkan NIK KTP dan Kartu keluarga.
  • Apabila sudah, silahkan klik tombol Verifikasi.

Bagi pengguna kartu Indosat lama, untuk melakukan registrasi ulang sangat mudah sekali langkah-langkahnya, berikut panduannya:

  • Pertama buka terlebih dahulu situs Pengecekan MSISDN Berdasarkan NIK & KK.
  • Atau kunjungi link ini: https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index
  • Kemudian masukkan nomor NIK KTP dan nomor Kartu Keluarga.
  • Setelah itu berikan tanda centang pada kotak I’am Not a Robot.
  • Terakhir klik periksa.

3. Melalui Contact Center

Metode selanjutnya yang bisa digunakan untuk melakukan registrasi kartu Indosat adalah dengan menggunakan Contact Center.

Cara ini sangat cocok digunakan apabila kita sudah mencoba menggunakan kedua cara diatas, namun masih gagal.

Kita bisa datang langsung ke Gerai Indosat Ooredoo terdekat atau menghubungi pihak Customer Care Indosat Ooredoo untuk melakukan registrasi supaya berhasil.

Catatan: Hubungi Customer Care Indosat Ooredoo melalui nomor (021) 30003000.

Apabila mau mengunjungi Gerai Indosat Ooredoo kita diwajibkan untuk menunjukkan NIK KTP dan Nomor Kartu Keluarga.

Cara Cek Registrasi Kartu Indosat

Setelah melakukan proses registrasi, kita bisa mengecek kembali apakah proses tersebut sudah berhasil sepenuhnya atau belum.

Untuk cara pengecekannya sangat mudah sekali. Bisa menggunakan metode mengirimkan pesan. Caranya ketika SMS dengan format INFO#NIK atau INFO#MSISDN kirim ke 4444.

Setelah pesan tersebut terkirim, pihak provider Indosat akan akan memberikan balasan SMS berupa informasi status dari kartu Indosat.

Apabila di cek ternyata masih gagal, jangan bingung. Bisa mengecek apa saja penyebabnya yang membuat registrasi kartu Indosat gagal. Berikut dibawah ini pembahasannya.

Gagalnya Registrasi Kartu Indosat

Salah mengetik nomor Kartu keluarga dan Nomor Induk Kependudukan adalah salah satu penyebab kenapa gagal melakukan registrasi ulang kartu Indosat.

Oleh sebab itu, pastikan kalau Nomor NIK dan KK yang akan digunakan untuk registrasi kartu SIM sudah benar dan sesuai.

Apabila data yang di ketika tidak sesuai dengan yang ada di di database Pencatatan Sipil dan Direktorat Jenderal Kependudukan, maka proses registrasi tidak akan berhasil alias dijamin gagal.

Solusi yang paling tepat adalah dengan mendatangi kantor Ditjen Dukcapil tempat mendaftar NIK dan KK. Pastikan semua datanya benar yang terdaftar, sehingga bisa melakukan registrasi baru atau ulang pada kartu Indosat yang kita gunakan.

Dan yang paling terpenting adalah masing-masing provider mempunyai prosedur yang berbeda-beda. Mungkin itu salah satu kenapa gagal melakukan registrasi kartu SIM.

Cara Mengaktifkan Kartu Indosat Sudah Hangus

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan kartu Indosat yang sudah hangus atau mati. Berikut pembahasan lengkapnya:

1. Lewat Galeri Indosat

Perlu diketahui kalau pihak Indosat akan memberikan keringan buat penggunanya, dimana nomor yang belum lebih dari 3 hari dari masa hangus bisa di aktifkan kembali.

Nah bagi yang sudah lewat lebih 3 hari dari masa hangus, masih bisa mengaktifkan kembali. Berikut caranya:

  • Pertama datang ke Galeri Indosat terdekat atau service center resmi Indosat.
  • Pastikan membawa KTP dan nomor Indosat yang mau diaktifkan kembali.
  • Silahkan ambil nomor untuk konsultasi dengan CS. Apabila sudah dipanggil, sampaikan jika mau mengaktifkan kembali nomor Indosat kita yang hangus.
  • Pastikan data yang terdapat di KTP sama dengan data pribadi yang terdaftar di SIM card.
  • Setelah cocok akan di suruh mengisi formulir pengajuan untuk mengaktifkan kembali nomor kita.
  • Permintaan akan diproses dalam kurun waktu sampai 30 hari. Peluang mengaktifkan nomor Indosat yang sudah lebih dari 3 hari hangus hanya 50 %.
  • Biaya yang akan dikeluarkan untuk pengaktifan kembali nomor Indosat adalah 000.
  • Terkadang Customer Service juga memberikan penawaran untuk mengaktifkan nomor Indosat yang hangus dengan merubah menjadi nomor pasca bayar.

2. Dengan Registrasi

Jika sudah yakin dengan nomor kita yang tidak melewati batas maksimal masa tenggang namun sudah tidak bisa digunakan, maka artinya nomor kita belum melakukan registrasi ulang.

Wajib diingat, metode ini hanya bisa dipakai apabila nomor Indosat hangus karena belum dilakukan registrasi ulang, akan tetapi masih berada di masa aktif saja.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi pesan terlebih dahulu.
  • Kemudian ketika pesan dengan format pengguna kartu baru: NIK#Nomor KK# kirim ke 4444.
  • Sedangkan untuk pengguna kartu lama: ULANG#NIK#Nomor KK# kirim ke 4444.
  • Selain dengan metode SMS, melakukan registrasi bisa dengan menggunakan cara lain, seperti yang sudah dibahas di atas.

Pada intinya cara registrasi kartu Indosat sangat gampang dilakukan. Apabila mengalami kegagalan, pasti ada penyebabnya entah itu salah ketik Nomor NIK atau KK. Untuk caranya, bisa memilih sendiri diatas. Mana yang paling simpel dan gampang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *