Bansos Terbaru ! Bansos untuk Pedagang Kecil Senilai 1,2 juta Rupiah

Bansos Terbaru ! Bansos untuk Pedagang Kecil Senilai 1,2 juta Rupiah

Bansos Terbaru ! Bansos untuk Pedagang Kecil Senilai 1,2 juta Rupiah

mywindowshelp.com – Berita bagus kembali muncul terkait dibukanya lagi pendaftaran Bansos untuk Pedagang Kecil atau UMKM. Hal ini tak lepas karena diperpanjangnya kembali PPKM higga beberapa waktu kedepan. Sehingga para pedagang kecil terdampak sangat membutuhkan bantuan ini.

Apa Itu Bansos Pedangang Kecil?

Bansos Pedangang Kecil secara singkat merupakan Bantuan sosial yang dikhususkan untuk Usaha Mikro Kecil (UMK), Pedagang Warung, dan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi covid-19. Terlebih karena kondisi kembali diperpanjangnya PPKM oleh pemerintah pusat.

Berapa Besaran Nilai Bansos Pedangang Kecil?

Bansos Pedangang Kecil nilainya 1,2 juta rupiah per penerima bantuan. Program bantuan sosial kali ini ditargetkan untuk 1 juta pedangang, pelaku usaha mikro kecil (UMK) yang ada di Indonesia. Pemerintah saat ini sedang melakukan finalisasi program agar dapat segera dilaksanakan dimana direncanakan akan melibatkan Polri dan TNI.

Seperti yang disampaikan oleh pak Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dalam sebuah konferensi pers pada Senin, 2 Agustus 2021, “Ini regulasinya sudah disiapkan.”

Akan tetapi Airlangga Hartarto sendiri saat ini belum memberikan rincian kapan program ini dapat dilaksanakan dan bagaimana teknis pembagiannya termasuk keterlibatan Polri dan TNI

Apakah Bansos Pedangang Kecil itu sama dengan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)?

Bantuan sosial (Bansos) Pedangang Kecil ini merupakan program yang berbeda dengan bansos sebelumnya yakni Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). BPUM sendiri diluncurkan pada tanggal 30 Juli 2021 oleh Presiden Joko Widodo secara langsung. Namun Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) sendiri memiliki besaran yang sama dengan Bansos Pedangang Kecil yakni senilai 1,2 juta rupiah per penerima.

Perbedaannya jika Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) ini dicairkan melalui Bank HIMBARA, untuk Bansos Pedangang Kecil masih dalam tahap finalisasi program.

Airlangga Hartarto juga menyampaikan bahwa setidaknya sampai saat ini realisasi penyaluran bantuan sosial hingga Juli 2021 telah mencapai Rp 5,15 triliun untuk Program Keluarga Harapan (PKH) yang mana menyasar 7,44 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sedangkan untuk program Kartu Sembako senilai Rp 9,4 triliun untuk 15,6 KPM. Dan proram Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa sebesar Rp 1,48 triiun untuk 2,18 KPM.

Dari total realisasi belanja anggaran dalam rangka pemulihan ekonomi nasional penyalurannya sudah mencapai 305,5 triliun rupiah. Hal ini disampaikan Airlangga merupakan capaian sebesar 41 persen dari total anggaran sebesar 744,75 triliun rupiah.

Cara Cek Nama Penerima Bansos Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021

Bagi yang penasaran, apakah nama atau data kita sudah masuk dalam list penerima BPUM bisa membaca dan mengikuti postingan Cara Cek Nama Penerima BPUM 2021

SELANJUTNYA CEK DISINI