Cara Daftar Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021

Cara Daftar Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021

Cara Daftar Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021

mywindowshelp.com – Cara Daftar Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021. Kabar baik bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan bulan Agustus ini akan disalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pelaku usaha kecil.

Apa itu Bantuan Produktif Usaha Mikro?

BLT Usaha kecil atau disebut Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada pelaku UKM. Dalam hal ini adalah para pelaku usaha kecil yang terdampak akibat pandemi yang menghambat kegiatan ekonomi nasional.

Berapa Besaran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) ?

Program BPUM kali ini pemerintah memberi anggaran total hingga 15,36 trilyun rupiah. Dimana telah dimulai BPUM tahap 1 pada tahun 2020 lalu sebagai bentuk bantuan bagi yang terdampak pandemi. Untuk besaran bantuan BPUM pada tahap ini adalah senilai 1,2 juta rupiah per penerima bantuan.

Berapa Kuota Penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM)?

Program BPUM ini direncanakan untuk diberikan kepada 3 juta pelaku usaha kecil yang ada di Indonesia. Maka dari itu jika kita termasuk pelaku UKM tak ada salahnya untuk mencoba. Siapa tau beruntuk mendapatkan BPUM pada tahapan ini.

Kapan Pembukaan dan Penutupan Pendaftaran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM)?

Pada tahun 2021 ini adalah tahap ke 2 penyaluran bantuan BPUM yang berlangsung dari bulan juli hingga bulan september 2021. Maka yang ingin mendaftar segera memepersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Dan menghubungi dinas koperasi UKM terdekat tempat tinggal.

Bagaimana Cara Pendaftaran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM)?

BPUM atau juga sering disebut BLT UMKM ini bisa mendaftar melalui link resmi dari BNI dan BRI. Untuk mendaftar BPUM periode 2 tahun 2021 ini calon penerima bisa mendaftar ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dinas KUKM). Cukup dengan datang ke kantor Dinas UKM terdekat.

Apa persyaratan dokumen untuk mendaftar Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM)?

Bagi para peserta yang hendak mendaftar BPUM bisa menyiapkan data berikut:
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sudah elektronik
2. kartu Keluarga yang berlaku
3. Data Nama Lengkap
4. Data Alamat lengkap susui di KTP
5. Bisang usaha kecil
6. Nomor telepon aktif
7. Bila mendapatkan NIB atau dokumen diterima oleh Dinas UKM, maka Dinas UKM Kabupaten/Kota akan merekomendasikan pelaku UKM untuk dapat diberi bantuan BPUM

Demikian artikel Cara Daftar Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021. Kabar baiknya saat ini ada Bansos Baru khusus untuk Pedangan Kecil dan Warung, bisa di cek di Bansos Pedangan Kecil 2021