Cara Belanja di Shopee dan Tipsnya bagi Pemula

Cara Belanja di Shopee dan Tipsnya bagi Pemula

Cara Belanja di Shopee dan Tipsnya bagi Pemula

mywindowshelp.com – Kali ini kami akan membagikan cara berbelanja di Shopee untuk Pemula dan beberapa tips lainnya yang akan membantu Anda dalam perjalanan belanja online Anda.

Shopee merupakan e-commerce yang relatif baru di Indonesia pada tahun 2015 dengan konsep sosial. Banyak sekali toko yang menjual di Shopee dengan berbagai kategori mulai dari kecantikan, elektronik, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi. Baik Anda berbelanja dengan smartphone (HP) atau PC, ada juga beberapa tips yang bisa digunakan oleh pengguna pemula Shopee.

Ternyata masih banyak terutama pengguna baru Shopee yang masih bingung cara belanja di Shopee. Berikut akan kami jelaskan langkah-langkahnya. Baca informasi selengkapnya Ya!!!

Cara Berbelanja di Shopee di smartphone

1. Pertama adalah Download Aplikasi Shopee di Playstore

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk berbelanja di Shopee untuk pemula adalah dengan mengunduh atau menginstal aplikasi Shopee di smartphone Anda melalui Play Store.

Langkah selanjutnya buka Play Store di smartphone kamu lalu ketikkan kata “Shopee” di kolom pencarian.

2. Instal Aplikasi Shopee

Bagaimana Anda menyelesaikan unduhan? Jika sudah, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Shopee dengan mengklik “Instal” di sisi kanan logo Shopee.

3. Buka aplikasi Shopee

Jika Anda selesai dengan langkah selanjutnya, itu akan membuka aplikasi Shopee yang baru saja Anda unduh.

4. Daftar aplikasi Shopee untuk login

Untuk pengguna pemula, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik ikon yang bertuliskan “Saya” lalu pilih “Daftar” di sudut kanan atas.

Ada beberapa opsi untuk mendaftar akun Shopee ini, antara lain dapat menggunakan nomor telepon atau opsi lain, seperti akun Google (Gmail), akun Facebook, akun Apple untuk pengguna iPhone, serta akun Line.

  • Disini saya menggunakan metode nomor telepon untuk pendaftaran. Caranya masukkan nomor telepon Anda di kolom “Telepon” lalu pilih “Lanjutkan”. Setelah itu, kode Captcha yang harus Anda masukkan akan muncul di kolom yang disediakan.
  • Perhatikan huruf, angka dan ukurannya pada kode seperti gambar di atas, masukkan kode seperti yang tertulis. Jika Anda mengklik OK, kode verifikasi (OTP) akan dikirim melalui SMS ke nomor yang digunakan untuk pendaftaran.
  • Tunggu SMS masuk di smartphone Anda yang berisi kode verifikasi enam digit lalu masukkan kode tersebut pada kolom yang diberikan di atas dan pilih Continue. Anda akan diminta untuk memasukkan atau membuat kata sandi baru.
  • Buat password yang mudah Anda ingat dan hanya Anda yang tahu, karena password tersebut nantinya akan digunakan untuk login kembali ke akun Shopee Anda saat logout. Setelah memasukkan kata sandi yang Anda inginkan, tekan “Daftar” dan Anda akan terdaftar secara otomatis.

5. Cari dan Temukan barang yang Anda inginkan

Semua baik-baik saja! Sekarang Anda sudah memiliki akun Shopee di smartphone Anda. Saatnya mencari barang yang ingin dibeli. bagaimana cara melakukannya?

  • Caranya sangat mudah, cukup ketik nama barang yang kamu cari di kolom pencarian atau di icon kaca pembesar.
  • Misalnya, jika Anda mencari sepatu kets, silakan masukkan kata kunci tersebut di kolom yang ditandai dengan kotak merah pada gambar di atas. Maka akan ada banyak pilihan sepatu yang bisa Anda pilih.
  • Silahkan pilih barang yang sesuai dengan anda, jika bisa jangan hanya melihat gambar dan harga barangnya saja, tapi usahakan untuk membaca deskripsi barang secara detail juga.

6. Beli  dan Cek out barang favoritmu

Setelah Anda menemukan item yang Anda sukai, Anda dapat membelinya dengan membuka item tersebut lalu memilih “Beli Sekarang” di pojok kanan bawah.

Kemudian Anda akan diminta untuk memilih warna, ukuran dan jumlah barang yang ingin Anda beli. Setelah membuat pilihan ini, klik Beli Sekarang.

7. Lengkapi alamat pengiriman barang

Sebelum membayar, Anda akan diminta untuk melengkapi alamat pengiriman yang akan menjadi tujuan pengiriman barang yang Anda beli.

Setelah mengisi alamat lengkap sebagai tujuan pengiriman barang yang telah Anda beli dari Shopee, silahkan klik pada kolom yang bertuliskan “Kirim”.

8. Pilih cara pembayaran

Setelah mengisi alamat, Anda akan diarahkan ke halaman checkout. Anda harus memilih metode pembayaran yang dapat Anda pilih.

  • Ada banyak pilihan pembayaran di Shopee, sesuaikan dengan metode yang Anda miliki, misalnya dengan transfer bank. Pilih sesuai dengan rekening bank yang Anda miliki.
  • Setelah memilih bank pada langkah selanjutnya, klik “Konfirmasi”.
  • Langkah selanjutnya klik “Buat pesanan” setelah semua data selesai, Anda akan diarahkan ke nomor rekening untuk membayar barang yang dipesan.
  • Anda dapat melakukan transfer ke banyak bank baik dengan pergi ke ATM terdekat atau melalui mobile banking.

9. Tunggu barang yang dibeli datang

Bahkan bisa dikatakan melakukan pembayaran merupakan tahapan terakhir yang kamu lakukan saat belanja di Shopee karena proses selanjutnya adalah kamu tinggal menunggu barang kamu datang ke alamat pengiriman yang diantar kurir pengiriman barang.

Demikian artikel Cara Belanja di Shopee dan Tipsnya bagi Pemula, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *