Cara Menghapus Akun Google dengan Mudah Tanpa Ribet

Cara Menghapus Akun Google dengan Mudah Tanpa Ribet

Cara Menghapus Akun Google dengan Mudah Tanpa Ribet

Ada beberapa cara untuk menghapus akun Google dari ponsel atau laptop. Berikut penjelasan lengkapnya.

Banyak pengguna Google ingin tahu cara menghapus akun Google di smartphone (hp) atau di laptop. Ada banyak alasan untuk memutuskan untuk menutup Akun Google. Salah satu alasan yang biasanya muncul adalah pemilik akun sudah memiliki akun Google baru. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus akun Google dari ponsel atau laptop. Berikut penjelasan lengkapnya.

Hal-hal penting sebelum menghapus akun Google

Sebelum mengetahui cara menghapus akun Google, sebaiknya Anda juga mengetahui apa yang harus dilakukan sebelum menghapus akun tersebut. Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan:

Pratinjau akun Anda terlebih dahulu dan pelajari cara mengunduh data yang sudah tersimpan di akun.

Jika Anda menggunakan alamat email media sosial Anda atau bahkan untuk tujuan perbankan, pastikan untuk mengubah atau menambahkan akun Google lain di aplikasi media sosial atau rekening bank Anda sebelum menghapus akun Anda.

Harap perbarui informasi pemulihan akun Anda terlebih dahulu sebelum menghapus akun. Langkah ini harus dilakukan dengan tujuan, jika Anda ingin memulihkan akun Google.

Cara menghapus akun Google di HP

Ada beberapa cara untuk menghapus akun Google dari ponsel. Anda dapat memilih salah satu metode yang dijelaskan di bawah ini. Cara-cara tersebut bisa dilakukan bagi yang menggunakan ponsel Android. Berikut penjelasan lengkapnya:

Metode pertama.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Kemudian klik “Akun” atau “Akun,” lalu pilih “Google.” Dalam daftar ini Anda akan melihat banyak akun yang login di ponsel android.
  3. Anda dapat langsung mengklik akun yang akan dihapus. Kemudian pilih Hapus Akun atau Hapus Akun. Menu hapus akun akan muncul jika Anda mengklik ikon tiga titik di sudut kanan.
  4. Sekarang akun google Anda dihapus dari perangkat android. Namun, metode ini tidak menghapus akun secara permanen, hanya menghapusnya di perangkat.

Metode kedua

  1. Buka aplikasi Google Mail di ponsel atau tablet Android Anda.
  2. Klik ikon triple bar di pojok kiri atas.
  3. Di bagian Informasi Email, klik nama email yang ingin Anda terbitkan.
  4. Kemudian klik Kelola Akun.
  5. Kemudian masuk ke menu Pengaturan Akun, dan pilih menu “Google”.
  6. Pilih akun gmail yang ingin Anda hapus, dan klik opsi Hapus Akun.

Cara menghapus akun Google di iPhone dan iPad

Selain Android, ada juga cara untuk menghapus akun Google di ponsel dari iPhone atau iPad. Caranya tidak sulit. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menghapus akun Google adalah dengan melakukan backup atau download semua data yang ada di akun tersebut terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi Gmail yang sudah terpasang di iPhone atau iPad Anda.
  3. Di kanan atas, klik gambar profil akun Gmail yang ingin Anda hapus.
  4. Kemudian klik menu Kelola Akun Google Anda.
  5. Pilih menu “Data dan Personalisasi”.
  6. Di menu “Unduh, hapus, atau rencanakan data Anda”, klik Hapus layanan atau akun Anda,
  7. Kemudian klik Hapus Layanan.
  8. Di sebelah menu “Gmail”, Anda dapat mengklik ikon hapus.
  9. Lanjutkan dengan mengikuti petunjuk di layar iPhone atau iPad Anda.

Cara menghapus akun Google secara permanen

Selain menghapus akun Google Anda dari ponsel cerdas Anda, Anda juga dapat menghapus akun Google Anda secara permanen. Ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti agar bisa menghapus akun Google Anda secara permanen. Berikut penjelasannya:

  1. Pertama buka akun Google yang akan dihapus

Cara pertama untuk menghapus akun Google secara permanen adalah dengan membuka akun Google menggunakan aplikasi browser. Disarankan untuk menggunakan laptop atau komputer untuk mempermudah proses penghapusan akun. Anda bisa menggunakan browser Google Chrome karena lebih mudah dan simpel.

Buka akun Google dengan mengklik ikon akun yang biasanya terletak di kanan atas. Biasanya icon akun Google berbentuk lingkaran dengan gambar profil atau inisial akun tersebut. Kemudian Anda dapat mengklik “Kelola Akun Google Anda”.

  1. Pilih Menu Data dan Personalisasi

Jika Anda sudah masuk ke akun Google Anda, Anda pasti akan melihat menu “Data dan Personalisasi”. Kemudian klik menu tersebut, dan Anda dapat mengontrol aktivitas di akun mulai dari iklan, histori, dll.

  1. Klik opsi “Hapus Layanan atau Akun”.

Jika Anda mengklik “Data dan Personalisasi”, gulir ke bawah dan Anda akan melihat menu “Unduh, hapus, atau rencanakan data Anda”. Anda dapat masuk ke menu, lalu Anda dapat mengklik “Hapus layanan atau akun Anda”.

  1. Hapus akun

Cara menghapus akun Google terakhir dengan mengklik Hapus akun Anda di menu “Hapus Akun Google Anda”. Setelah itu, akun Google beserta data lainnya seperti email, foto atau dokumen akan hilang secara permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *