Cara Reset iPhone Praktis Tanpa Ribet.jpg!d

Cara Reset iPhone Praktis Tanpa Ribet

Cara Reset iPhone Praktis Tanpa Ribet

Apakah Anda ingin menjual iPhone Anda? Atau iPhone terkunci dan Anda lupa kata sandi untuk membuka kunci iPhone? Entah Anda ingin menjual iPhone Anda dan Anda berniat untuk menghapus data Anda di dalamnya atau Anda tidak dapat membuka kunci iPhone yang terkunci karena Anda lupa kata sandinya, keduanya dapat diselesaikan dengan mengatur ulang iPhone.

iPhone yang direset akan kembali ke pengaturan awal atau pabrik, sehingga iPhone Anda akan terlihat seperti baru. Secara otomatis, semua data Anda di iPhone akan terhapus. Jika Anda ingin menggunakan data di iPhone lama Anda, buat cadangan semua data terlebih dahulu sebelum mengatur ulang iPhone. Karena data yang sudah terhapus tidak bisa dikembalikan.

Ada dua jenis soft reset iPhone, soft reset dan hard reset. Nah, untuk masalah menghapus data atau membuka kunci iPhone, Anda harus melakukan soft reset perangkat. Harap dicatat bahwa tidak ada cara di sini untuk mengatur ulang iPhone menggunakan iTunes. Hanya saja iTunes bisa digunakan untuk backup data sebelum melakukan reset iPhone, ya. Berikut adalah perbedaan dan metode antara dua jenis reset iPhone berikut:

Cara mengatur ulang iPhone

Soft reset tidak akan menghapus semua data di iPhone. Alasannya soft reset adalah kata lain dari restart atau restart iPhone. Ini dilakukan untuk memulihkan iPhone yang macet atau macet dan tidak bisa boot pada aplikasi. Untuk melakukan reset ini, Anda tidak memerlukan iTunes atau iCloud. Berikut adalah cara melakukan reset iPhone Anda dengan benar:

  1. Tekan tombol Home dan Sleep pada iPhone secara bersamaan. Saat kedua tombol ditekan, tahan selama sekitar 10 detik
  2. Layar iPhone Anda akan menjadi hitam selama beberapa saat. Lepaskan tangan Anda dari kedua tombol saat layar hitam
  3. Setelah beberapa saat, logo Apple akan muncul di layar iPhone. Ini adalah proses restart iPhone. Biarkan hingga proses restart selesai. Ketika proses restart selesai, silahkan sentuh layar iPhone untuk mencobanya

Coba metode soft reset ini untuk mendapatkan kembali iPhone yang dibekukan karena crash atau error. Jika tombol tidak berfungsi, silakan coba metode restart lain yang kami ulas di sini.

Cara lain untuk mengatur ulang iPhone Anda

Anda juga dapat melakukan soft reset dengan cara lain. Metode ini tidak memerlukan upaya menekan dua tombol. Cukup buka opsi “Pengaturan” di iPhone. Untuk cara lengkapnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka bagian “Pengaturan”, lalu pilih “Umum”.
  2. Setelah itu cari opsi “Reset”
  3. Pilih “Setel ulang semua pengaturan”. Opsi ini ada di atas.
  4. Setelah itu, pilih lagi “Reset all settings” yang berwarna merah dan di bagian bawah.
  5. Setelah itu, iPhone Anda akan diatur ulang secara otomatis. Opsi ini tidak mengubah data iPhone Anda, termasuk aplikasi yang diinstal, dan tidak akan dihapus. Itu hanya mengatur ulang berbagai pengaturan dari awal.

Misalnya, jika sebelumnya Anda terhubung ke WIFI secara otomatis, setelah melakukan ini, Anda perlu memasukkan kembali kata sandi WIFI. Pengaturan notifikasi dan izin aplikasi juga disetel ulang.

Cara Lain mengatur ulang (Reset) iPhone

Cara soft reset iPhone selanjutnya adalah hard reset, yaitu melakukan reset iPhone secara keseluruhan. Cara ini akan menghapus data di iPhone Anda, karena ini adalah cara untuk mengembalikan layar dan pengaturan iPhone Anda ke cara Anda pertama kali membelinya.

Umumnya hard reset dilakukan jika Anda ingin menjual iPhone lama Anda kepada orang lain. Reset pabrik atau reset pabrik sangat penting jika Anda tidak ingin orang baru yang memiliki ponsel Anda mengetahui data lama Anda. Dengan hard reset, Anda akan kehilangan semua data di iPhone Anda, mulai dari aplikasi, foto, video, dan lagu hingga file yang Anda unduh.

Juga, hard reset dilakukan jika Anda tidak dapat membuka kunci iPhone Anda. Kebanyakan orang sering mengalami hal ini, karena lupa password adalah hal yang wajar. Namun, jika Anda ingin menggunakan cara ini untuk memulihkan iPhone yang terkunci, Anda harus siap dengan risiko kehilangan data di iPhone.

Selama proses backup, Anda dapat mengurutkan data yang tidak lagi digunakan. Hapus data untuk mengosongkan lebih banyak ruang di penyimpanan iPhone Anda nanti. Pastikan untuk menggunakan metode backup dengan iCloud dan iTunes, karena proses backup data iPhone terbaik hanya dapat bergantung pada dua program ini.

Hal ini tentu berbeda dengan perangkat Android yang bisa dibackup hanya dengan copy paste. Di iPhone, Anda harus menggunakan iCloud dan iTunes yang khusus dikembangkan oleh Apple.

Nah, jika Anda sudah memastikan semua data tersimpan di iTunes atau iCloud, maka segera hard reset iPhone Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *