Cara Setting Youtube untuk Anak Agar Aman

Cara Setting Youtube untuk Anak Agar Aman

Cara Setting Youtube untuk Anak Agar Aman

Youtube adalah aplikasi wajib bagi pengguna smartphone. Karena merupakan aplikasi unduhan gratis di Playstore dan menawarkan video untuk berbagai kelompok dari anak-anak hingga dewasa, YouTube kini menjadi platform berbagi video yang dapat dinikmati oleh segala usia.

Ada banyak video yang bisa kita nikmati di youtube, video musik, informasi pengetahuan, video lucu bahkan video kekerasan yang juga bisa kita dapatkan di youtube.

Bisakah Anda bayangkan jika anak-anak juga menonton konten yang harus ditonton orang dewasa. Atau misalnya anak-anak mencari video dengan tombol “video lucu”, karena anda tidak memfilter youtube anda, maka tentu saja semua video lucu akan muncul, baik video yang cocok untuk ditonton anak kecil maupun video yang tidak terlalu cocok untuk ditonton anak anak kecil. Sangat berbahaya bukan?

Tidak perlu khawatir, YouTube menawarkan fitur yang disebut Mode Terbatas. Dengan mengaktifkan mode ini, Anda akan terbebas dari konten sensitif dan mengganggu saat menonton video YouTube.

Alasan untuk mengaktifkan Mode Terbatas di Youtube

Jika Anda memiliki anak di bawah umur, Anda dapat memiliki kontrol yang lebih baik atas penggunaan YouTube dan anak-anak akan menghindari video yang tidak layak ditonton

Anda dapat menonton video dengan bebas tanpa harus menonton video yang tidak terlalu layak untuk ditonton.

Meskipun YouTube telah melarang video terkait pornografi, kekerasan, dll, masih ada video tidak pantas yang berhasil diposting di YouTube. Dengan mengaktifkan Mode Terbatas, Anda akan lebih aman untuk menonton

Anak-anak zaman sekarang dapat dengan cepat memahami penggunaan smartphone. Sebagai orang tua, kita juga tidak bisa melarang secara tegas. Youtube merupakan salah satu aplikasi yang memberikan dampak negatif bagi perkembangan anak, sehingga dengan adanya fitur limited mode setidaknya dapat sedikit mengurangi dampak negatif dari youtube.

Berikut cara mengaktifkan mode terbatas untuk konten di YouTube agar anak Anda aman menonton video dan Anda juga tidak harus berurusan dengan video berbahaya.

Cara Setting Youtube untuk Anak di HP

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah logout dari akun youtube Anda, pengaturan filter akan ada setelah Anda logout dari akun youtube Anda
  2. Buka Pengaturan atau Pengaturan
  3. Setelah memasukkan pengaturan Anda, pilih Umum
  4. Disini ada beberapa pilihan filtering, klik Restricted Mode atau Restricted Mode, setelah mengaktifkan Restricted Mode akun kamu otomatis terfilter oleh youtube

Cara Setting Youtube untuk Anak di Laptop & Komputer

Jika anak-anak sudah bisa menggunakan komputer, tidak menutup kemungkinan mereka bisa mengakses YouTube dengan mudah menggunakan komputer.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda yang ingin membatasi konten YouTube, Anda juga harus membatasinya di browser komputer Anda. Sebenarnya, cara membatasi konten YouTube di aplikasi smartphone menggunakan web browser Hamoir adalah sama. Tetapi jika Anda menggunakan browser, Anda tidak perlu keluar dari akun youtube Anda. Berikut adalah cara mengaktifkan mode terbatas di browser komputer.

  1. Masuk ke situs youtube di youtube.com
  2. Jika Anda login di youtube, masuk ke pengaturan akun.
  3. Dalam menu Pengaturan Akun, Anda dapat menggulir ke bawah sana karena ada beberapa kotak yang dapat Anda atur. Untuk memfilter konten di YouTube, Anda dapat mengaktifkan Mode Terbatas. Klik pada bagian “Mode Terbatas: Mati”.
  4. Ubah Restricted Mode: Dinonaktifkan ke Restricted Mode: Aktif seperti gambar di bawah ini. Jangan lupa klik Simpan.

Agar lebih aman, Anda dapat membatasi channel youtube di semua browser yang Anda gunakan di komputer Anda, seperti mozilla, chrome, internet explorer dll dengan melakukan metode yang sama seperti di atas. Atau Anda dapat menghapus semua browser yang tidak digunakan, dengan cara ini Anda hanya perlu mengaturnya di satu atau dua browser.

Bahkan, pihak Youtube menegaskan bahwa metode pembatasan konten ini tidak memfilter semua konten di YouTube 100 persen mengingat banyak video yang diunggah oleh YouTube.

Jadi, jika Anda khawatir ada konten yang menurut Anda berbahaya bagi anak-anak, ada baiknya untuk selalu menemani anak Anda saat menonton dan memberi sedikit masukan tentang video apa yang akan ditonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *