Cara Setting Background Zoom dengan Mudah dan Cepat

Cara Setting Background Zoom dengan Mudah dan Cepat

Cara Setting Background Zoom dengan Mudah dan Cepat

Sejak pandemi, hampir semua kegiatan dilakukan dengan menggunakan sistem online, mulai dari belajar dan bekerja hingga seminar. Zoom adalah salah satu aplikasi konferensi video atau video conferencing yang paling banyak digunakan.

Alasan mengapa Zoom banyak digunakan dibandingkan dengan layanan sejenis lainnya adalah karena aplikasi ini hadir dengan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah dengan mengganti background atau latar belakang.

Banyak pengguna tidak tahu cara mengubah latar belakang Zoom. Berikut adalah tutorial untuk melakukan itu, baik di laptop atau di hp (ponsel).

Cara Setting Background Zoom di laptop

Dalam rapat atau webinar, biasanya penyelenggara mewajibkan peserta forum menggunakan latar belakang virtual, agar tampilan di layar seragam atau lebih menarik. Berikut cara setting background Zoom di laptop:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Zoom di laptop yang akan Anda gunakan.
  2. Buka aplikasi dan masuk dengan akun Zoom terdaftar Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu.
  3. Buka halaman utama dan pilih pengaturan yang memiliki ikon roda gigi.
  4. Kemudian pilih menu “Latar Belakang dan Filter”.
  5. Kemudian klik opsi “Latar Belakang Default”.
  6. Selanjutnya, pilih latar belakang yang sesuai. Ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan. Namun, jika Anda ingin menggunakan ikon Anda sendiri, Anda dapat mengklik ikon “+”. Kemudian cari gambar yang akan menjadi background default.

Anda dapat menggunakan langkah-langkah di atas sebagai cara untuk mengubah latar belakang Zoom tanpa layar hijau. Green screen atau layar hijau biasanya digunakan untuk mempermudah menangkap area latar belakang di belakang pengguna. Memiliki layar hijau ini akan membuat gambar latar belakang default lebih stabil.

Jika Anda tidak menggunakan layar hijau, Anda masih dapat menggunakan latar belakang default di Zoom. Pastikan latar belakangnya rata dan tanpa banyak barang, seperti dinding atau gorden polos.

Cara Setting Background Zoom di HP

Selain di laptop, latar belakang Zoom di ponsel juga bisa diubah. Berikut caranya:

Pastikan Anda memperbarui aplikasi Zoom ke versi terbaru. Khusus untuk pengguna Android, fitur ini hanya bisa digunakan di Android dengan versi 8 ke atas.

  1. Buka aplikasi Zoom dan ikuti rapat virtual yang dimaksud.
  2. Kemudian, klik tiga titik atau “More” yang biasanya ada di kanan bawah.
  3. Selanjutnya, pilih menu “Default Background”.
  4. Selanjutnya, pilih Larae yang tersedia atau gunakan wallpaper default Anda dengan mengklik ikon “+”, dan pilih gambar dari ponsel Anda.

Cara Setting Background Zoom yang Terbalik

Jika latar belakangnya terbalik, jangan lakukan itu. Masalah ini terjadi karena sistem pencerminan diaktifkan di Zoom. Cara menggantinya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Zoom dan bergabung dengan rapat baru.
  2. Kemudian klik panah atas di sebelah ikon video.
  3. Selanjutnya, ketuk Pengaturan Video.
  4. Selanjutnya, klik bagian “Balikkan video saya”.

Cara Setting Background Zoom Agar tidak Menyatu dengan Wajah

Salah satu hal yang terkadang membuat peserta rapat Zoom tidak fokus adalah ketika pembicara atau peserta lain yang wajahnya tidak terlihat karena tertutup di latar belakang virtual. Banyak pengguna Zoom yang mengeluhkan hal ini.

Jangan khawatir. Selain cara mengganti background Zoom yang benar, ada cara memperbaiki background agar tidak menyatu dengan wajah. Berikut cara-caranya:

  1. Gunakan latar belakang yang rata dan bersih. Misalnya kanvas polos atau dinding.
  2. Selanjutnya, klik “Pilih warna”.
  3. Selanjutnya, nonaktifkan layar hijau.
  4. Di bagian bawah “Pilih warna” ada opsi “Saya memiliki layar hijau”, Anda dapat membatalkan pilihan bagian ini.
  5. Jika Anda memilikinya, Anda dapat kembali ke halaman video, dan melihat hasil akhir dari pengaturan latar belakang default segera.

Itu tadi adalah beberapa hal tentang cara menggunakan latar belakang virtual di Zoom. Selain itu, gunakan gambar latar belakang dengan kualitas definisi tinggi atau definisi tinggi (HD) agar tidak pecah saat muncul di layar rapat Zoom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *