Cara Setting Hotspot Mikrotik dengan Mudah

Cara Setting Hotspot Mikrotik dengan Mudah

Cara Setting Hotspot Mikrotik dengan Mudah

Memiliki hotspot di tempat kerja, rumah atau tempat tinggal Anda akan menjadi suatu keharusan di zaman modern ini. Bukan tanpa alasan, hal ini karena hampir setiap orang membutuhkan koneksi internet setiap saat. Kebutuhan ini kemudian mempopulerkan penggunaan proxy hotspot, dimana Anda dapat mengatur jaringan yang Anda miliki dan orang lain gunakan.

Padahal, ada kesamaan antara hotspot biasa dan penggunaan mikrotik. Keduanya menyediakan jaringan internet untuk digunakan banyak orang secara bersamaan. Namun, perbedaannya terletak pada metode aksesnya. Jika hotspot biasa tidak memerlukan kata sandi dan dapat diakses secara bebas, Hotspot Mikrotik memungkinkan Anda untuk memberikan token akses, menentukan jumlah pengguna, dan bahkan berapa lama setiap pengguna telah menggunakannya.

Cara Setting Hotspot Mikrotik yang Biasa digunakan di tempat kerja

Hotspot mikrotik biasa digunakan di tempat bisnis kekinian untuk mengakomodir kepentingan banyak orang. Namun sayangnya, ketika terlalu banyak orang yang mengakses jaringan yang Anda sediakan dan “memanfaatkannya”, kecepatannya akan turun dan juga menyebabkan kepuasan pengguna yang lebih rendah.

Tak heran jika proxy hotspot kemudian digunakan untuk menyaring pengguna aktif dari jaringan yang disediakannya. Jadi setidaknya, Anda hanya dapat memfilter klien di mana perusahaan Anda memiliki akses ke jaringan hotspot. Bagaimana? Dengan penerapan kata sandi saat masuk dan menggunakan Internet.

Menggunakan Hotspot Mikrotik yang sama pada umumnya akan mendapatkan keuntungan dari banyak hal yang ada. Berikut hal yang perlu diperhatikan dalam Cara Setting Hotspot Mikrotik :

  • DHCP server, yang berguna untuk memberikan layanan IP otomatis kepada pengguna di lokasi tersebut.
  • Firewall NAT, yang berguna untuk menerjemahkan alamat IP pengguna menjadi alamat IP yang dapat dikenali oleh Internet.
  • Filter firewall, yang memblokir atau memblokir pengguna yang belum memasukkan kata sandi.
  • Proxy, bagian ini memiliki fungsi untuk memberikan tampilan halaman saat login atau sebagai tempat anda memasukkan user name dan password.

Lalu bagaimana cara menggunakan dan mengatur Hotspot Mikrotik?

  1. Beberapa hal di hotspot proxy tidak perlu digunakan secara manual. Untuk memberikan gambaran sederhana dan membantu Anda mengatur hotspot yang akan digunakan, pertimbangkan langkah-langkah berikut.
  2. Buka Winbox dan lihat pengaturan alamat IP pada proxy.
  3. Pilih menu IP, dan lanjutkan dengan Hotspot dan Hotspot Setup.
  4. Pilih interface access point yang akan digunakan (pilih interface yang akan dihubungkan ke access point), biasanya ether2 yang digunakan, kemudian klik Next.
  5. Selanjutnya anda harus menentukan alamat IP gateway hotspot, pada umumnya proses ini akan terisi secara otomatis dan akan mengarah menutju alamat IP ether2.
  6. Selanjutnya, pilih DHCP server pool atau range alamat IP yang akan diberikan kepada pengguna, klik Next.
  7. Pada tahap memilih SSL, Anda tidak perlu mengisinya dan pilih None, klik Next.
  8. Selanjutnya isikan server smtp untuk hotspot tersebut, jika belum ada isikan saja dengan 0.0.0.0 dan tekan next.
  9. Lalu anda perlu memasukkan server DNS yang akan digunakan pada jaringan hotspot, misal Anda bisa menginputkan IP DNS dari penyedia Internet Anda atau milik server seperti Google.
  10. Isi nama domain DNS lokal yang akan mengarahkan ke halaman login. Halaman ini harus diberi nama domain lokal, lalu klik Next.
  11. Buat username dan password untuk user, untuk mencoba, isikan saja kuis di kedua kolom tersebut.
  12. Setelah selesai, akan muncul kotak teks yang memberikan informasi bahwa penyiapan telah selesai. Coba sambungkan ke perangkat, maka Anda akan menemukan halaman login yang dibuat sebelumnya.
  13. Proses setup selesai, Anda hanya perlu menambahkan pengguna yang dapat terhubung ke jaringan yang Anda buat. Menambahkan pengguna ini secara bersamaan dapat memberikan batas kecepatan, durasi penggunaan, dan batas total bagi pengguna yang dapat terhubung. Melamar di tempat kerja Anda akan sangat efektif.

Haruskah itu mendukung internet yang cepat dan stabil?

Memilih penyedia layanan internet yang cepat dan stabil sangat penting untuk kenyamanan pengguna situs bisnis Anda atau teman Anda. Dengan bandwidth yang besar dan stabilitas jaringan yang terjamin, semua orang akan dapat meningkatkan internet yang Anda tawarkan.

Tentu tidak main-main, sebaiknya Anda melakukan sedikit riset terlebih dahulu agar bisa mendapatkan ISP terbaik. Jangan ragu untuk menghubungi pusat panggilan penyedia yang ingin Anda temukan detail paketnya. Bandingkan provider lain untuk mendapatkan paket internet terbaik dan menguntungkan.

Memasang hotspot proxy di tempat tinggal atau kantor Anda adalah cara yang efektif untuk membatasi jumlah pengguna yang dapat terhubung. Agar setiap pengguna mendapatkan kecepatan yang optimal, tentunya jumlahnya harus dibatasi. Semakin banyak bandwidth dan kecepatan yang ditawarkan, semakin banyak pengguna yang dapat terhubung.

Supaya mendukung proses instalasi hotspot mikrotik Anda, Anda bisa memakai jaringan yang cepat dan stabil salah satunya Biznet Home. Dengan bandwidth besar, tanpa batasan FUP, didukung oleh infrastruktur serat optik yang andal, dan harga paket yang wajar, akan memberikan nilai terbaik di kelasnya kepada penyedia layanan. Segera kunjungi homepage Biznet, install WiFi untuk menikmati internet yang cepat dan stabil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *