Cara Setting Jam di Laptop Tanpa Ribet

Cara Setting Jam di Laptop Tanpa Ribet

Cara Setting Jam di Laptop Tanpa Ribet

Cara setting jam di laptop baik windows 7, 8 dan 10 sebenarnya sangat mudah dan tidak begitu mengganggu. Terkadang pengguna laptop dengan traffic tinggi tidak tinggal lama di satu tempat dan harus pindah ke tempat lain. Itu sebabnya pengaturan jam ke waktu lokal itu penting.

Hal ini akan menjadi hal yang penting apabila sudah berpindah ke daerah yang berbeda waktu atau bahkan hingga ke luar negeri. Meski sudah banyak smartwatch terbaik di pasaran, namun tuning jam tangan tetap harus dilakukan di laptop Anda.

Berikut adalah rangkuman singkat dan mudah tentang langkah dan cara menyetel jam laptop untuk pengguna Windows.

Cara Setting Jam di Laptop Windows

Ada banyak alasan mengapa orang memilih memakai jam tangan atau tidak untuk mengecek waktu meski memiliki mobilitas tinggi. Hal ini membuat mereka harus bergantung pada smartphone atau bahkan laptop mereka.

Sayangnya, banyak pengguna laptop yang tidak mengetahui perbedaan jam tangan di laptop dengan jam tangan pada umumnya karena mereka hanya mengandalkan laptop sebagai sumber utama penunjuk waktu.

Bahkan, ada beberapa jenis laptop atau sistem operasi yang secara otomatis akan mengatur waktu laptop pengguna, seperti macOS. Namun, ini tidak berarti bahwa pengaturan otomatis cocok.

Jadi terkadang Anda perlu mengatur waktu sendiri. Tenang saja, berikut Jaka telah merangkum langkah dan cara setting jam di laptop Windows 7, 8 dan 10.

Cara Setting Jam di Laptop Windows 10

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda dapat mengatur atau mengubah waktu dan tanggal sesuai dengan waktu yang dipilih melalui menu pengaturan. Setup ini tidak rumit sama sekali, cukup ikuti langkah-langkah atau tutorial yang disediakan oleh Jaka di bawah ini.

  1. Silahkan buka aplikasi Setting di laptop Windows 10 yang Anda gunakan. Kemudian di jendela pengaturan, silakan klik waktu dan bahasa.
  2. Di jendela berikutnya, Anda memiliki dua opsi untuk pengaturan waktu. Pilihannya adalah mengatur waktu secara manual atau menggunakan pengaturan waktu otomatis.
  3. Jika Anda ingin mengubah waktu secara manual, silakan ubah Atur waktu secara otomatis ke Mati.
  4. Selanjutnya, klik Ubah untuk membuka jendela waktu di Windows 10.
  5. Pada jendela Change date and time yang muncul, silahkan ubah tanggal dan waktu sesuai dengan waktu saat ini.
  6. Setelah selesai, silakan pilih “Ubah” untuk menyimpan perubahan. Kemudian jam laptop Anda akan menunjukkan waktu yang Anda inginkan.

Jika Anda tidak ingin repot mengatur waktu secara manual, Anda dapat menggunakan opsi kedua, yaitu menggunakan pengaturan waktu otomatis.

  1. Namun, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa laptop yang Anda gunakan terhubung ke Internet.
  2. Kemudian, cukup aktifkan fitur waktu yang disetel secara otomatis yang ada di pengaturan tanggal dan waktu. Jika ini dilakukan, waktu dan tanggal laptop akan otomatis berubah sesuai dengan waktu lokasi Anda.

Cara Setting Jam di Laptop Windows 7 dan Windows 8 / 8.1

Jika Anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8/8.1, waktu dan tanggal dapat diatur melalui Control Panel. Caranya juga tidak ribet, ikuti saja langkah-langkah atau tutorial yang disediakan oleh kami di bawah ini.

  1. Silahkan buka Control Panel pada laptop Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang anda gunakan. Kemudian pada jendela Control Panel, silahkan klik pada Clock, Language, and Region.
  2. Pada jendela berikutnya yang muncul, silahkan klik Date and Time untuk mengubah waktu dan tanggal pada laptop Windows 7 atau Windows 8/8.1 Anda.
  3. Kemudian, pada jendela tanggal dan waktu yang muncul, silakan klik Ubah tanggal dan waktu untuk membuka jendela pengaturan waktu.
  4. Sesuaikan tanggal dan waktu agar bisa mengikuti waktu sesuai tempat saat ini .
  5. Setelah Anda selesai mengatur waktu dan tanggal, silakan klik OK untuk menyimpan perubahan.

Setelah melakukan pengaturan ini, waktu dan tanggal di laptop Anda akan benar kembali.

Di sisi lain, jika Anda tidak ingin repot mengatur waktu secara manual, Anda juga dapat menggunakan pengaturan waktu otomatis.

  1. Agar jam yang ditunjukkan pada laptop Windows 7 dan Windows 8 atau windows 8.1 perlu dilakukan sinkronisasi agar waktu bisa berubah secara otomatis
  2. Cukup sinkronkan waktu laptop Anda dengan server waktu dunia. Namun, proses sinkronisasi hanya dapat dilakukan jika laptop Anda terhubung dengan internet.

Itulah pembahasan mengenai tutorial Cara Setting Jam di Laptop Tanpa Ribet atau cara mensetting pengaturan jam di laptop windows 7, 8 atau w 8.1 dan 10. Sangat mudah untuk diikuti bukan? Kamu juga bisa mencoba cara setting waktu dan tanggal di smartphone kamu yang sangat mudah dan singkat.

Apakah ada hal lain yang ingin Anda tanyakan tentang perangkat keras smartphone? Tinggalkan pesan di kolom komentar, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *