Cara Setting Jam G Shock Lengkap

Cara Setting Jam G Shock Lengkap

Cara Setting Jam G Shock Lengkap

Bagi sebagian orang mungkin banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mensetting atau menyesuaikan waktu pada jam tangan G-Shock yang pernah dipakainya. Dan parahnya lagi guys, banyak banget yang udah pake G-Shock sekitar 3-5 tahun tapi belum bisa melakukan perubahan kecil seperti mengatur waktu atau kalender. Hal ini dibuktikan dengan berapa kali kami menerima pertanyaan, baik melalui whatsapp maupun dari media sosial indowatch.

Cara termudah sebenarnya adalah dengan membaca manual yang disediakan Casio di setiap kotak jam tangan yang Anda beli. Nah, sebagian dari Anda mungkin telah kehilangan manual atau sebagian dari Anda terlalu malas untuk membaca manual tersebut, karena terlalu tebal atau sulit dipahami dalam bahasa Inggris. Tapi saya pikir Alasan #2 adalah yang paling kami temukan.

Maka dari itu, hanya dengan waktu yang singkat sekitar 5 hingga 15 menit kali ini akan dibahas tutorial cara melakukan pengaturan waktu pada jam tangan G-Shock. Akan tetapi perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tidak semua jam tangan G-Shock memiliki cara yang sama dalam mengatur waktunya

Nah, jadi yang pertama dan paling penting untuk diingat atau dihafal adalah keberadaan dan fungsi tombol set dan tombol mode dalam proses setup. Kedua tombol ini biasanya berada di sisi yang sama, dengan tombol penyesuaian ditempatkan di atas tombol mode. Lokasi paling umum untuk kedua tombol ini adalah di sisi jam 9 atau di posisi tangan kiri Anda.

Namun sebelum memulai, pastikan jam tangan gshock Anda dalam mode home setting, bukan pada alarm, timer, stopwatch, atau posisi lainnya.

Apa yang terjadi jika G-Shock tidak dalam mode pengaturan rumah?

Nah, untuk beberapa model G-Shock, misalnya, Anda menahan tombol penyesuaian dalam mode tertentu seperti alarm, altimeter, waktu dunia, dll., lalu G-Shock masuk ke mode penyesuaian untuk mode tersebut.

Nah, jika tujuan kita adalah untuk mengatur waktu pada jam tangan G-Shock kita, pastikan terlebih dahulu bahwa G-Shock berada dalam mode master setting.

  1. Pengaturan home ini biasanya menunjukkan jam digital dan kalender pada G-Shock.
  2. Dan untuk mulai menyesuaikan pengaturan, Anda harus mulai dari tombol penyesuaian, yaitu dengan menahan tombol selama 2-3 detik hingga Anda mendengar bunyi bip sekali.
  3. Dan ada panel berkedip di layar LCD jam tangan G-Shock Anda. Pada tipe tertentu khsusnya pada tipe 5600/6900, pengaturannya cukup dengan memencet tombol set sebanyak 1 kali saja tanpa menahan 2 detik jika ingin masuk ke mode pengaturan waktunya.
  4. Tapi ingat guys jika terlalu lama menekannya, beberapa model G-Shock analog-digital akan menampilkan H-SET yang jika tidak paham bisa membingungkan posisi jam tangan analog dan digital. Fitur yang membedakan adalah Anda biasanya mendengar dua suara dan mengucapkan H-SET / SUB. Dan jika Anda tidak sengaja masuk ke mode ini, segera keluar dengan menekan tombol SET sekali.
  5. Setelah menahan tombol penyesuaian selama 2 detik dan jam tangan Anda berbunyi bip, LCD akan menampilkan panel yang berkedip atau sedang berjalan. Ini bisa berupa waktu dunia yang berosilasi atau sesuatu yang lain seperti jam, menit, dll. Jadi setelah menahan tombol adjust selama 2 detik, perhatikan bagian yang berkedip / menyala.
  6. Dan selalu ingat guys, bagian atau mode yang berkedip atau bergerak pada LCD berarti bagian tersebut berada pada posisi yang bisa diatur.
  7. Misalnya, pada G-Shock GA-2000S, tampilan yang berkedip adalah waktu dunia dan waktu dunia yang ditampilkan pada G-Shock adalah TYO atau TOKYO. Jika Anda tinggal di Jakarta, maka untuk mendapatkan waktu yang tepat kita harus mengubah waktu dunia ke zona waktu Jakarta. Namun pada pembahasan ini G-Shock tidak menampilkan zona waktu Jakarta Indonesia, jadi kami bisa mengikuti waktu Bangkok atau BKK dimana waktu ini adalah waktu yang sama dengan zona waktu Jakarta.
  8. Dan untuk keperluan pemilihan, kita hanya perlu menggunakan dua tombol lain yang berlawanan dengan posisi tombol set dan mode. Gunakan salah satu dari dua tombol untuk mendapatkan data yang sesuai. Tidak semua G-Shock mengaktifkan kedua tombol ini untuk memilih mode tuning. Tapi salah satunya pasti berhasil.
  9. Sedangkan untuk zona waktu lainnya tentunya Anda harus tahu mana yang sesuai dengan tempat tinggal Anda. Misalnya zona waktu Singapura untuk wilayah Bali atau zona waktu Tokyo untuk wilayah Papua.
  10. Biasanya, setelah mengatur zona waktu, jam tangan G-Shock akan langsung memperbarui waktu sesuai dengan zona waktu yang Anda pilih. Akan lebih baik jika bisa memeriksa kembali pengaturan lain seperti jam, menit, tanggal, bulan, dan juga tahun pada jam tangan G-Shock tersebut.
  11. Untuk beralih dari mode zona waktu, tekan kembali tombol mode. Setiap kali Anda menekan tombol mode, angka/data pada jam tangan akan berubah dan berkedip lagi. Misalnya, nomor yang berkedip adalah nomor jam, jadi periksa apakah jam cocok dengan waktu di smartphone Anda.
  12. Jika tidak cocok, gunakan tombol lagi di lokasi Anda yang benar untuk mendapatkan nomor yang sesuai. Kemudian, untuk beralih ke jumlah menit, tanggal, bulan, dan tahun, tekan tombol Mode lagi beberapa kali.
  13. Dan jika semua data sudah sesuai dengan keinginan anda, kita bisa keluar dari mode setting ini dengan menekan tombol tuning sekali lagi. Untuk sebagian besar model G-Shock analog-digital, setelah menyelesaikan proses ini, jarum analog akan berputar secara otomatis untuk menyesuaikan posisinya dengan waktu digital yang telah kita atur sebelumnya.

Nah, berikut tips dari kami untuk kamu yang masih belum bisa mengatur waktu di jam tangan G-Shock kamu. Tutorial ini bisa jadi akan berbeda manakala jam tangan G-Shock yang digunakan masih tipe yang ada tombol H-SET untuk mengatur waktunya. Beberapa jam tangan G-Shock yang masih menggunakan tombol H-SET seperti G-100BB, AW-500 dan masih banyak model G-Shock lama lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *