Cara Setting Jam Tangan Digital dengan Mudah

Cara Setting Jam Tangan Digital dengan Mudah

Cara Setting Jam Tangan Digital dengan Mudah

Mungkin ada sebagian orang yang memiliki jam tangan digital dan sekarang dia lupa caranya untuk menyetel waktu jamnya. Untuk mengubah pengaturan jam tangan digital Anda, Anda harus terlebih dahulu mengubah mode ke Mode Waktu, yang memungkinkan Anda untuk mengatur berbagai hal, seperti waktu, tanggal, hari dalam seminggu, dan banyak lagi. Setelah dalam mode waktu, Anda dapat menggunakan tombol untuk beralih opsi dan menyesuaikan pengaturan. Jika demikian, jam tangan siap dipakai.

Cra beralih ke mode waktu

Hubungi pabrikan atau baca manual pengguna jika Anda memiliki jam tangan yang rumit. Jika jam tangan Anda sedikit rumit dan manualnya sudah tidak ada lagi, coba cari di internet dulu. Masukkan merek dan model jam tangan Anda ke mesin pencari online untuk menemukan panduan digital.

Jika Anda tidak dapat menemukan manual digital untuk jam tangan, hubungi layanan pelanggan dari produsen jam tangan. Dalam hal ini Informasi model dan merek biasanya tercetak di bagian belakang atau muka jam tangan.

Periksa tombol arloji. Perlu diketahui jika jam digital ini memiliki banyak jenis, fitur dan design. Jam tangan sederhana biasanya hanya memiliki satu atau dua tombol, tetapi jam tangan yang lebih canggih memiliki lebih banyak. Dalam mencari letak dimana tombol pengaturan jam, bisa dilihat disisi kanan atau sisi kirinya.

Meskipun jarang, beberapa jam tangan memiliki tombol pengaturan di bagian belakang atau di belakang kasing sederhana. Penutup ini biasanya dapat dilepas dengan paku atau obeng kecil.

Beberapa jam tangan mungkin memiliki tombol label. Tombol umum pada jam tangan digital adalah “Mode” (Mode), “Set”, “Reset”, “Start” dan “Light” (ringan).

Anda kemungkinan besar akan menggunakan tombol “Mode” dan/atau “Set”. “Mode” mengubah mode arloji ke mode waktu, mode stopwatch, dll. Mode “Atur” memungkinkan Anda mengatur waktu dalam Mode Waktu atau mengonfirmasi perubahan.

Gunakan pena atau benda panjang yang berukuran kecil untuk mengubah posisi pada model dengan tombol tersembunyi. Jam tangan sederhana cenderung memiliki tombol kecil yang tersembunyi untuk mengubah pengaturan. Gunakan pena untuk menembus area tersembunyi ini dan ubah posisi jam tangan.

  1. Saat Anda berada dalam mode waktu, pengaturan (seperti menit, jam, tanggal, dll.) akan mulai berkedip.
  2. Jika arloji memiliki tombol tersembunyi dan tombol lainnya, tombol tersembunyi mengubah mode, dan tombol lainnya mengubah pengaturan.
  3. Cobalah untuk tidak menggunakan pensil untuk menekan tombol tersembunyi. Jika ujung pensil patah di dalam lubang, tombol mungkin macet dan tidak dapat disesuaikan.
  4. Ubah jam multi-panggil ke Mode Waktu. Jika arloji tidak menyebutkan nama tombolnya. Anda dapat mengklik secara acak hingga Anda menemukan tombol yang mengubah mode. Menit atau jam pada sebagian besar jam tangan digital berkedip saat Anda memasuki mode penunjuk waktu.
  5. Biasanya satu unit (menit, jam, tanggal) berkedip pada suatu waktu. Beberapa jam mewakili pemilihan opsi dengan cara yang berbeda, misalnya melalui garis bawah atau kotak.
  6. Jam tangan kelas atas dapat memiliki banyak fitur. Pelajari tentang fitur-fitur ini dengan menekan sebuah tombol dan lihat pengaruhnya terhadap layar jam tangan.
  7. Beberapa jam tangan mungkin tidak memiliki pemutar mode, jadi Anda perlu menekan tombol SET, sesuai dengan petunjuk di langkah berikutnya.
  8. Tekan tombol “Set” untuk masuk ke mode pengaturan waktu jika memungkinkan. Jika jam tangan Anda hanya memiliki tombol “set”, Anda cukup menekannya untuk masuk ke mode pengaturan waktu. Pada jam tangan lain, Anda mungkin perlu masuk ke mode penunjuk waktu dan menekan tombol SET untuk menyelesaikan pengaturan.

Cara Ubah pengaturan

  1. Ganti menit dengan tombol “Lanjutkan”. Biasanya opsi pertama yang bisa diubah adalah pengaturan menit, yang akan berkedip saat dipilih. Saat angka berkedip, tekan tombol lanjutkan untuk menambah waktu. Tekan tombol secara perlahan agar Anda tidak melewatkan nomor yang dituju secara tidak sengaja.
  2. Jam sederhana mungkin hanya memiliki dua tombol: satu untuk mengubah mode, dan yang lainnya untuk meningkatkan pengaturan satu unit per penekanan tombol.
  3. Sebagian besar jam tangan mengulang pengaturan dalam urutan dari yang terbesar (misalnya 1 menit hingga 59 menit) atau pertama hingga terakhir (misalnya Minggu/Minggu hingga Sabtu/Sabtu) sebelum kembali ke opsi terendah/pertama.
  4. Jam tangan multi-dial biasanya menggunakan tombol “reset”, “set”, atau “set” untuk meningkatkan setelan satu per satu.
  5. Mengatur jam. Klik tombol mode lagi untuk memilih jam. Jika berkedip, maka nomornya ditentukan pada jam tangan. Jika sudah selesai selanjutnya dapat menggunakan tombol lanjutan untuk mensetting jam di jam tangan dengan cara sebelumnya (sama)
  6. Ubah pengaturan lain sesuai kebutuhan, seperti tanggal dan hari. Urutan pilihan mode jam biasanya sebagai berikut: menit, jam, am/pm (siang/malam), tanggal dan hari. Gulir melalui opsi ini dengan menekan tombol Mode, dan ubah pengaturan yang dipilih dengan tombol Lanjutan.
  7. Beberapa jam tangan memiliki kombinasi tombol khusus untuk hal-hal tertentu. Misalnya, Anda dapat menahan tombol selama beberapa detik untuk menyetel alarm.
  8. Keluar dari mode pengaturan dan kembali ke mode normal. Ketika semua pengaturan sudah benar, tekan tombol “Set” untuk menyelesaikan pengaturan dan kembali ke mode normal. Jika jam tangan Anda tidak memiliki tombol “Set”, klik tombol “Mode” sehingga tidak ada pengaturan yang di-flash/disorot.

Tips Setting Jam Tangan Digital

Jangan takut untuk membiasakan kembali pengaturan jam dengan menekan banyak tombol sebelum mengatur waktu.

Anda juga dapat menemukan video tutorial tentang cara mengatur jam digital di YouTube. Jika Anda tidak tahu persis nomor model jam tangan Anda, biasanya tertera di bagian belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *