Cara Setting Karburator Motor dengan Baik dan Benar

Cara Setting Karburator Motor dengan Baik dan Benar

Cara Setting Karburator Motor dengan Baik dan Benar

Dalam performa mesin, karburator merupakan perangkat penting. Karena alat yang satu ini memiliki fungsi yaitu untuk mencampur dengan angin yang nantinya akan dialirkan ke bensin. Pada saat yang sama, penyesuaian karburator juga tidak boleh sembarangan.

Karena sebenanrnya banyak sekali hal yang membuat anda bisa paham bagaimana cara menyetel karburator dengan baik dan benar agar tidak ada masalah saat menggunakannya. Oleh karena itu, kami akan mengupas secara tuntas Langkah-langkaahnya di artikel kali ini

Cara Setting Karburator Motor

Cara setting atau memasang atau mengatur karburator motor sebenarnya cukup mudah, tidak perlu meminta bantuan orang lain atau bahkan ke bengkel motor. Tetapi memang sebelumnya anda harus tahu terlebih dulu tahu caranya, agar tidak terjadi kesalahan nantinya.

Untuk menyesuaikannya juga tidak perlu peralatan khusus, lho. Anda hanya membutuhkan alat sederhana seperti obeng dan tang. Mari berkenalan dengan metode berikut:

1. Siapkan peralatan yang diperlukan

Langkah pertama sebelum menyetel karburator adalah menyiapkan alat yang diperlukan seperti obeng. Untuk melepas sekrup, obeng yang digunakan tipe paling bawah (-). Karburator memiliki dua coupler dengan fungsi yang berbeda. Sekrup pertama berfungsi untuk mengatur udara dan sekrup kedua untuk mengatur gas.

2. Memulai mesin

Setelah melengkapi perlengkapan, bukan berarti Anda harus segera menyetel karburator, karena Anda harus menghidupkan mesin terlebih dahulu. Pastikan mesin menyala sehingga Anda bisa mendapatkan pengaturan yang benar. Hal ini juga penting untuk dilakukan agar Anda dapat mengetahui apakah mesin dalam kondisi buruk atau normal.

3. Mengalihkan sekrup penyesuaian gas

Jika mesin gas terlalu kencang, Anda hanya perlu menyetelnya dengan memutar sekrup penyetel gas searah jarum jam atau ke kanan dengan obeng yang sudah Anda setel sebelumnya.

Hal ini agar kolom gas lebih terbuka dan tekanan RPM juga meningkat sehingga dihasilkan gas yang sesuai.

4. Tutup sekrup penyetelan gas

Jangan remehkan proses ini, karena menyetel sekrup penyetelan udara yang dapat menutup saluran idle dan juga dimaksudkan untuk menyegel udara yang masuk ke mesin.

5. Buka sekrup udara pada RPM kecepatan tinggi

Saat menutup sekrup udara, harus dipastikan bahwa motor selalu berjalan. Jika motor berhenti berjalan sebelum saluran ditutup, Anda harus mematikan sekrup kaca depan dan membiarkan motor mencapai rpm rendah.

Kemudian Anda dapat memutar sekrup ke arah terbuka, sehingga RPM secara bertahap akan naik setelah menutup udara.

6. Pengurangan Penyesuaian Gas

Terakhir adalah dengan menurunkan setting gas untuk menghasilkan idle paling optimal. Setelah semua operasi selesai, coba pengaturan dengan me-restart mesin. Jika pengaturannya benar, itu akan ditunjukkan dengan mesin berjalan hanya pada satu start. Tetapi jika tidak, Anda perlu mengatur ulang karburator untuk mendapatkan pengaturan yang sempurna.

Cara Membersihkan Karburator Motor

Dalam membersihkan karburator motor sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Diantara caranya adalah sebagai berikut:

1. Lepaskan karburator dari dudukannya

Ketika mau melepas dudukan karburator, bisa menggunakan kunci pas yang sesuai dengan ukurannya

2. Buka bagian mangkuk dan bersihkan

Buka tutup mangkuk atau karburator dan mulailah membersihkan.

3. Usahakan filter udara bersih

Saat membersihkan filter udara, gunakan cairan khusus. Untuk memudahkan pembersihan, pertama-tama lepaskan bagian ini.

4. Bersihkan bagian Pilot Jet, main jet dan needle jet

Setelah Anda selesai membersihkan filter udara, Anda dapat melanjutkan kembali ke bagian pilot jet, main jet, dan needle jet.

5. Bersihkan penyemprot

Bersihkan sprayer hanya dengan amplas halus untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Demikian artikel Cara Setting Karburator Motor, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *