Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD

Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke SD Card (Kartu SD)

Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke SD Card (Kartu SD)

Salah satu pertimbangan yang biasanya diperhatikan orang saat membeli ponsel adalah kapasitas memori internalnya. Dengan memori yang besar, orang dapat menyimpan lebih banyak dokumen di dalamnya. Sayangnya, berapapun kapasitas yang dipilih, seringkali orang merasa jumlahnya masih belum cukup untuk menggunakan SD card tambahan.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakannya, pastikan Anda tahu cara menyimpan pengaturan secara otomatis ke kartu SD Anda. Tujuannya agar data atau dokumen yang ada tidak memenuhi memori HP. Jadi, jika Anda telah menggunakan kartu SD, pastikan semua dokumen dapat disimpan langsung di memori.

Dengan cara ini, pengguna tidak perlu bekerja dua kali untuk memindahkan dokumen dari memori HP ke kartu SD. Selain itu, memori internal HP tidak akan penuh karena semuanya otomatis dimasukkan ke dalam SD card.

Cara Setting Penyimpanan Otomatis di SD Card

Untuk memastikan semua data tersimpan langsung di kartu SD, lakukan pengaturan terlebih dahulu. Bagi yang sudah memiliki kartu SD dan ingin menggunakannya sebagai penyimpanan utama, lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Memasukkan slot kartu

Satu yang paling penting yang perlu diketahui sebelum membeli SD Card/kartu SD yang jelas adalah phone harus memiliki slot atau tempat SD Cardnya. Perlu diketahui bahwa tidak semua ponsel memiliki slot kartu SD untuk menambah memori. Jadi, pastikan ada slot kartu SD di sisi kiri atau kanan ponsel atau di dalam penutup belakang.

Jika ada slot kartu, periksa ukurannya. Umumnya ponsel yang mendukung slot kartu menggunakan kartu micro SD. Namun, agar tidak salah membeli ponsel, bawalah ponsel yang akan digunakan untuk mencobanya. Selanjutnya, masukkan kartu SD ke dalam slot HP.

  1. Sesuaikan pengaturan dalam file oleh Google

Salah satu cara agar semua dokumen yang dibuat di ponsel Android Anda dapat disimpan ke kartu SD adalah dengan mengubah pengaturan di Files by Google. Oleh karena itu, semua dokumen yang dibuat dengan HP biasanya disimpan langsung di memori internal HP dan Google.

Untuk mengubah proses ini, sesuaikan pengaturan agar pengaturan berikutnya dapat disimpan langsung ke kartu SD.

  • Pertama, buka Files by Google di ponsel Android Anda. Setelah membuka aplikasi, pilih menu dengan tiga garis di kiri atas layar, lalu ketuk Pengaturan. Gulir ke bawah layar hingga Anda menemukan opsi untuk menyimpan ke kartu SD. Klik tombol di bagian Opsi dan pastikan itu berubah menjadi biru.
  • Saat opsi dipilih, pilih Lanjutkan dan izinkan untuk memberikan izin akses. Jika semuanya dilakukan dengan benar, maka semua dokumen yang dibuat di ponsel akan disimpan langsung di kartu SD.
  1. Ubah pengaturan pada kamera HP

Di antara file yang mengisi memori ponsel biasanya adalah video dan foto. Agar foto dan video bisa langsung disimpan ke SD card, maka atur penyimpanannya di bagian pengaturan kamera.

Pertama, buka kamera dan pilih ikon pengaturan di kiri atas layar. Selanjutnya, pilih Storage untuk memilih tempat menyimpan foto dan video Anda. Jika Anda ingin menyimpannya ke kartu SD, pilih kartu memori sebagai tempat penyimpanan utama.

Untuk memastikan video dan kamera Anda disimpan ke kartu SD, periksa salah satu dokumen di Galeri. Ini dapat dilakukan dengan mengklik salah satu gambar dan melihat detailnya.

Jika disimpan di kartu SD, akan ada deskripsi lokasi dan nama penyimpanan eksternal.

  1. Setup di PlayStore

Aplikasi dan unduhan adalah jenis file lain yang sering mengisi file internal HP. Agar memori internal HP tidak penuh, pastikan semua unduhan disimpan langsung di SD card.

Cara menyimpan otomatis ke kartu SD adalah dengan melakukan pengaturan di bagian PlayStore terlebih dahulu.

Untuk mengubah pengaturan, buka aplikasi Playstore. Selanjutnya, buka bagian Pengaturan di kiri atas layar yang ditandai dengan tiga garis horizontal.

Nanti akan muncul beberapa pilihan, tapi pastikan untuk memilih Download. Saat menu ini dibuka, pengguna dapat melihat lokasi penyimpanan awal semua dokumen yang diunduh. Untuk mengubahnya, klik pada kotak dan ubah sesuai dengan lokasi kartu SD.

Selain dapat memilih tempat penyimpanannya, pengguna juga dapat memilih apa yang ingin disimpan ke kartu SD. Selain hasil download, perlu juga diperhatikan file-file lain seperti gambar, audio, mp3, file lainnya.

  1. Pengaturan di WhatsApp

WhatsApp atau yang disebut dengan WA adalah salah satu aplikasi kirim pesan terbaik dan banyak digunakan di seluruh dunia. Tanpa disadari orang, foto, video, dan dokumen yang dikirimkan orang lain melalui chat seringkali tersimpan secara otomatis di memori HP hingga terisi penuh. Untuk mencegah hal ini terjadi, buat pengaturan untuk proses pengunduhan dan area penyimpanan.

Pertama, pastikan untuk mengatur agar tidak semua video, file, atau foto langsung diunduh. Hal ini dapat mencegah memori HP atau kartu SD cepat terisi.

Cara termudah untuk mengatur penyimpanan otomatis pada kartu SD dapat dilakukan dengan memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal juga. Dengan cara ini, semua data dari WhatsApp akan disimpan langsung di kartu SD juga.

Catatan terkait Cara Setting Penyimpanan Otomatis di SD Card

Sebenarnya cara menyetting SD Card cukup simpel dan hanya dengan melalui hanphone saja. Jadi, dengan memilih kartu SD sebagai penyimpanan utama, semua file harus disimpan langsung di sana.

Namun pada kenyataannya proses ini seringkali tidak berhasil, sehingga diperlukan proses manual agar dokumen dapat disimpan di SD card. Jadi, bagi yang ingin menyimpan dokumennya di kartu SD, ada baiknya melakukan langkah-langkah di atas terlebih dahulu.

Demikian tutorial Cara Setting Penyimpanan Otomatis di SD Card, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *