Cara Setting Remote AC Universal Untuk Semua Merek

Cara Setting Remote AC Universal Untuk Semua Merek

Cara Setting Remote AC Universal Semua Merek

Sebenarnya, merawat AC itu sangat mudah dan gampang. Misalnya dengan membersihkan secara rutin, tidak memaksa AC bekerja terlalu keras, atau dengan mengganti filter secara berkala.

Ketika AC itu dirawat dengan cara rutin seperti diatas maka dapat menghemat pengeluaran uang karena AC akan tahan lama atau awet dipakai. Dan juga ternyata akan memberikan dampak yang cukup baik pagi pengguna AC dalam suatu ruangan.

Namun, meski sudah dirawat dengan sebaik mungkin, tak jarang AC mengalami kerusakan. Selain kerusakan pada komponen unit indoor dan outdoor, remote control merupakan bagian dari AC yang juga dapat rusak atau tidak berfungsi.

Remote control dapat rusak pada remote control karena usia atau penggunaan terus menerus, jatuh atau terbentur, dll. Tidak peduli mengapa remote control rusak, Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Pasalnya selain bisa ditukar dengan aplikasi remote control universal (bagi yang menggunakan smartphone dari merek tertentu seperti Xiaomi ke LG), Anda juga dapat membeli remote control universal atau remote control pengganti khusus untuk beberapa merek.

Tempat membeli dan harga untuk remote control AC universal

Remote control dapat dengan mudah ditemukan di toko elektronik. Namun jika kamu malas keluar rumah atau kesulitan mencari remote di toko elektronik terdekat, kamu bisa membelinya di olshop. Hampir semua toko online menjual remote generik atau remote merek tertentu. Dan harganya rata-rata terjangkau.

Jika Anda ingin pengiriman lebih cepat, jangan ragu untuk berbelanja dari toko di daerah atau area yang sama dengan tempat tinggal Anda. Jika tersedia, cukup manfaatkan pengiriman ekspres seperti Grab Express atau Grab Same Day yang memungkinkan barang dagangan tiba di alamat tujuan pada hari yang sama atau beberapa jam setelah pembelian.

Harga remote control AC relatif terjangkau, apalagi jika Anda membelinya di toko online. Versi global, misalnya, dijual dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga puluhan ribu rupiah. Namun, ada pula yang ditawarkan hingga ratusan ribu rupiah. Biasanya alasan perbedaan harga adalah kualitas barang dan tempat Anda membelinya.

Cara Setting Remote AC Universal

Bagian terpenting dari pengaturan remote control universal adalah daftar kode yang harus kita ketahui untuk menghubungkan remote control ke AC dengan cepat. Remote control universal (remote alternatif) umumnya dapat melakukan semua fungsi yang dapat dilakukan oleh remote control asli (asli).

Dari fungsi dasar seperti on dan off (on/off), mengatur kecepatan blower, mengubah arah ayunan, dan mengatur suhu, hingga menjalankan timer. Beberapa remote control bahkan mendukung adaptor AC yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Untuk segera menggunakan remote control pengganti yang Anda beli, Anda dapat mengikuti panduan tentang cara mengatur remote control AC universal Anda di bawah ini.

Langkah-langkah untuk menyesuaikan remote control AC universal

  1. Di unit indoor, tekan tombol “ON” untuk menyalakan AC
  2. Pada remote control AC, tekan tombol “Set” selama sekitar 3 detik atau sampai angka di sudut kanan bawah layar remote control berkedip.
  3. Selanjutnya adalah dapat dengan menekan tombol TEMP untuk menaikkan atau mennurunkan kode angka yang muncul agar bisa sesuai dengan kode merk AC yang sesuai dengan yang akan di setting. Anda dapat melihat daftar simbol untuk setiap merek AC dalam terjemahan di bagian bawah artikel ini
  4. Setelah angka di layar sesuai dengan jenis AC Anda, AC akan bereaksi dengan mengeluarkan suara yang menunjukkan bahwa remote control dan AC terhubung
  5. Selesaikan pengaturan remote control AC universal dengan menekan tombol OK

Daftar Kode Remot AC Universal (Berbagai Merk AC)

  • LG: 600-609
  • TCL: 120-139
  • Sharp: 720-739
  • SANYO: 500-550, 860
  • DAIKIN: 740-759
  • SAMSUNG: 610-629
  • TOSHIBA: 630-639
  • FUJITSU: 700-719
  • MITSUBISHI: 551-599
  • Panasonic: 660-689

Nah, itulah beberapa tips atau cara menyetel remote control AC universal, semoga bermanfaat untuk Anda. Jika masih ada yang tidak berhasil, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *