Cara Setting TV Digital dengan Mudah

Cara Setting TV Digital dengan Mudah

Cara Setting TV Digital dengan Mudah

Tahukah Anda bahwa Indonesia saat ini sedang mengalami masa transisi dari saluran TV UHF ke saluran digital? Saluran TV digital memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada saluran TV UHF. Siaran TV digital memiliki gambar yang jernih dan suara yang sangat tajam. Kegiatan menonton TV akan lebih menyenangkan dengan siaran TV yang lebih hidup. Dijamin, Anda pasti akan merasa lebih nyaman saat menonton TV dan akan puas dengan kejernihan yang ditampilkannya.

Sebagian besar produk TV LED saat ini mendukung siaran TV di saluran digital. Namun, jika TV Anda tidak mendukung saluran TV ini, Anda dapat menggunakan alat berupa perangkat yang dapat menangkap sinyal TV digital. Nama perangkatnya adalah DVBT2. Anda dapat menggunakan DVBT2 untuk meningkatkan kemampuan TV biasa sehingga dapat menangkap saluran TV digital. Jadi Anda tidak perlu lagi membeli TV baru.

Cara Setting TV Digital

Mungkin bagi sebagian orang, hal ini adalah pengalaman pertama dalam menggunakan TV Digital atau DVBT2. Kesempatan ini kami akan memandu bagaimana cara menemukan saluran pada TV Digital. Pastikan Anda menyimak langkah-langkah yang kami bagikan ini secara sekasama, agar tidak terjadi kekeliruan nantinya di kemudian hari. Berikut langkah-langkah lengkapnya!

1. Pastikan TV Anda mendukung saluran digital

Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa TV Anda mendukung siaran TV digital. Karena jika tidak, TV tidak akan pernah bisa menangkap sinyal TV digital kecuali terhubung ke DVBT2. Untuk memastikan TV LED Anda mendukung TV digital, Anda dapat melihat kembali spesifikasi produk. Anda dapat melihat kotak kemasan atau manual yang menyertainya. Jika tidak ada, Anda dapat mencari informasi tentang spesifikasi TV di Internet.

2. Masuk ke menu pengaturan di TV

Untuk mengarahkan TV untuk mencari sinyal siaran TV digital, Anda dapat masuk ke menu pengaturan. Keluarkan remote control TV Anda, lalu akses menu pengaturan dengan menekan tombol Pengaturan pada remote control TV Anda. Tombol ini biasanya berupa gambar roda gigi. Silakan tekan tombol. Kemudian masuk ke submenu yang bernama Programs atau Programs. Di sinilah Anda dapat mencari siaran TV digital, baik secara otomatis maupun manual.

3. Lakukan pencarian sinyal TV digital

Anda dapat mencari siaran TV digital dengan metode manual atau otomatis. Sebaiknya pilih saja metode auto search agar lebih mudah. Setelah memilih program, pilih AutoSet. Kemudian pilih Antena jika TV Anda menggunakan perangkat penjemput sinyal berupa antena. Tetapi jika TV Anda menggunakan DVBT2, maka pilihlah kabel. Kemudian pilih Mulai untuk mulai mencari sinyal siaran TV.

4. Menunggu siaran TV

Jika Anda ingin mencari sinyal TV digital saja, beri tanda centang di Digital Only Tuning. Tunggu beberapa saat hingga sistem TV mencari sinyal yang sedang diangkat oleh antena. Siaran TV yang diambil akan ditampilkan di layar. Ikon DTV menunjukkan berapa banyak siaran TV digital yang dapat ditangkap oleh TV Anda. Tunggu hingga proses pencarian sinyal selesai. Nantinya, siaran TV digital akan otomatis muncul di TV.

Terkadang TV gagal menangkap sinyal siaran TV digital. Faktor penyebab TV tidak bisa menerima siaran TV digital antara lain:

  • Antena mungkin sedikit rusak
  • Posisi antena salah
  • Antena dipasang di dalam rumah
  • Lokasi Anda tidak dapat dijangkau oleh sinyal
  • Cuaca jelek
  • Kabel antena rusak
  • Boosternya rusak

Itulah tips dan cara setting TV digital yang bisa kami bagikan kepada Anda semua. Jika punya pendapat lain jangan sungkan untuk langsung berbagi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *