5 Cara Mudah Investasi Saham Untuk Pemula

5 Cara Mudah Investasi Saham Untuk Pemula

Cara Mudah Investasi Saham Untuk Pemula

Jadi mapan dan konstan secara keuangan pasti mimpi beberapa orang. Apa kamu salah satunya beberapa orang itu? Sebenarnya, selain dengan bisnis, dan bekerja keras kita dapat melakukan langkah untuk mencapai impian menjadi orang sukses dengan melalui investasi termasuk salah satunya adalah investasi saham.

Sayang, ada banyak orang yang takut untuk coba langkah ini. Investasi saham sendiri padahal bisa menghasilkan keuntungan bisa dari deviden atau capital gain. Nach, untuk kamu yang ingin tahu langkah gampang investasi saham, berikut sejumlah cara yang dapat kamu ikuti!

  1. Tentukan Investasi Jangka Panjang

Langkah investasi saham yang dapat kamu ikuti selanjutnya dengan pilih investasi periode panjang. Umumnya, investasi saham dengan jangka panjang semakin aman dan memberikan keuntungan. Disamping itu, langkah melakukan investasi saham dengan investasi periode panjang ini mempunyai resiko yang lebih rendah jika kamu pilih perusahaan yang akurat.

  1. Pilih Sekuritas dengan Ongkos Transaksi bisnis yang Kecil

Langkah melakukan investasi saham sebetulnya bisa secara mudah dilaksanakan oleh siapapun. Dalam artian kita harus mendaftar pada salah satu perusahaan sekuritas baik di Indonesia maupun luar neger. Sesudah kamu buka rekening dampak, kamu dapat mengawali investasi saham dengan lakukan top-up dana ke rekening dampak. Setiap kamu berbisnis beli saham, perusahaan sekuritas akan mengambil ongkos transaksi bisnis.

Ongkos transaksi bisnis yang diambil dapat berlainan untuk tiap-tiap perusahaan sekuritas. Umumnya ongkos transaksi bisnis yang diambil ialah 0,19% untuk pembelian dan 0,29% untuk pemasaran. Tetapi ada pula perusahaan sekuritas yang cuman mengambil ongkos 0,15% untuk pembelian dan 0,20% untuk pemasaran.

Supaya keuntungan yang kamu bisa makin besar, pasti kamu harus memerhatikan jumlah ongkos transaksi bisnis perusahaan sekuritas yang kamu tentukan. Dengan pilih perusahaan sekuritas dengan ongkos transaksi bisnis yang kecil, kamu bisa mengoptimalkan keuntungannya. Tetapi harus diingat, umumnya ongkos transaksi bisnis ditetapkan dari kualitas servis dan program perusahaan sekuritas itu . Maka pilih perusahaan sekuritas dengan ongkos transaksi bisnis yang paling sesuai keuanganmu.

  1. Tentukan Saham Perbankan atau Consumer Goods

Langkah melakukan investasi saham selanjutnya dengan pilih saham yang dari perusahaan yang beroperasi di sektor perbankan atau consumer goods. Mengapa? Sektor usaha ini pada umumnya lebih stabil dan bahkan setiap tahunnya selalu mencetak keuntungan. Hal ini tak lepas dari kebutuhan orang banyak. Maka, harga saham umumnya akan kerap naik dan condong konstan. Perlu diingat juga pilih yang syariah.

  1. Beli Saham yang Bagus Saat Harga Downtrend

Banyak sekali diantara para investor pemula beranggapan bahwa membeli saham yang sedang turun adalah sebuah kesalahan, jadi wajib untuk dihindari. Tetapi, pengetahuan itu tidak selalu betul, lho! Masalahnya, ada banyak kasus yang saat beli saham saat harga turun, justru harga kembali naik atau bahkan juga semakin tinggi.

Sebenarnya dengan strategi ini kita sangat bisa untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang ketika harga naik kembali. Akan tetapi perlu melihat juga factor yang lain Karena jangan sampai juga membeli disaat fase turunnya masih akan berlangsung lama.

  1. Beli Saham yang Dikeluarkan oleh BEI

Saat sebelum beli saham, kamu harus pastikan jika saham yang hendak kamu membeli itu tercatat di BEI (Bursa Dampak Indonesia). BEI ialah faksi yang mengadakan dan sediakan mekanisme dan fasilitas untuk menghadapkan penawaran jual dan membeli dampak beberapa pihak lain dengan arah memperdagangkan dampak itu. Selain daripada itu sebenarnya BEI sudah menampilkan profil dari peserta listing BEI atau anggota bursa untuk dilihat para investor.

Itu barusan 5 cara investasi saham untuk beberapa pemula yang dapat kamu ikuti. Bila kamu ingin mengawali investasi saham, sebaiknya diawali dengan melakukan investasi di reksadana. Melaui reksadana, kamu bisa pilih Manajer Investasi dan tipe reksadana sesuai profile risikomu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *