Apa Itu Kripto Wrapped Bitcoin atau WBTC

Apa Itu Kripto Wrapped Bitcoin atau WBTC?

Apa Itu Kripto Wrapped Bitcoin atau WBTC?

Wrapped Bitcoin ialah pengembangan yang cukup baru yang efisien bawa BTC ke blockchain Ethereum. Salah satunya kasus pemakaian khusus untuk kripto WBTC berada pada keuangan terdesentralisasi.

Bagaimana Cara Kerja Token WBTC?

Bayangkan Anda telah terlatih dengan Bitcoin dan tertarik untuk memulai memakai program DeFi. Tapi ada permasalahan! Tidak ada beberapa jembatan mata uang kripto yang menyambungkan Bitcoin dan Ethereum.

Wrapped BTC menolong menuntaskan permasalahan ini, dan memberi likuiditas yang paling diperlukan ke prosedur DeFi.

WBTC ialah token ERC-20 yang disokong dengan pangkalan 1:1 dengan Bitcoin. (Dalam banyak hal, mereka bisa dibanding dengan stablecoin, walau Bitcoin tersebut tidak selamanya benar-benar konstan.) Saat Bitcoin jadi wrapped, cryptocurrency-nya diletakkan dalam cadangan oleh Kepercayaan BitGo. Dalam arah menjadi terbuka penuh (suatu hal yang sudah diperjuangkan oleh stablecoin yang lain,) jumlah WBTC yang tersebar sudah dipublikasi — dengan bukti jika Bitcoin, asset dasarnya, sedang ditahan dengan aman dalam kustodi.

WBTC bisa dibuntel (dan dibuka) di dompet sama seperti yang disiapkan oleh CoinList.

Apa Saja Manfaat Token-token Wrapped?

Singkatnya, mereka memberikan pemilik asset digital kebebasan untuk menelusuri blockchain yang lain.

Mayoritas ekosistem DeFi (dan DApps) didasari pada jaringan Ethereum dibanding blockchain Bitcoin. Ini dapat benar-benar membuat frustrasi pemilik BTC, karena ini memiliki arti nyaris mustahil untuk mereka untuk turut serta terkecuali mereka jual asset kripto mereka atau beli lainnya.

Sejak WBTC.network dikeluarkan pada Januari 2019, banyak prosedur DeFi — terhitung MakerDAO, Dharma, Compound, dan Kyber Network — mulai meluluskan peminjam untuk memakai WBTC sebagai jaminan. Ini selanjutnya bisa digembok ke smart contract, dengan utang kripto umumnya dibayar memakai stablecoin DAI di ekosistem Ethereum.

Proyek Wrapped Bitcoin dipantau oleh WBTC DAO. Untuk beri kesegaran daya ingat Anda, DAO ialah ringkasan dari Organisasi Otonom Terdesentralisasi.

Mengapa Kita Tidak Dapat Memakai Ethereum Saja?

Tidak ada yang hentikan Anda memakai ETH sebagai jaminan pada basis DeFi. Tetapi bila diukur dalam dolar AS, kapitalisasi pasar Bitcoin lebih besar. Peluasan tipe jaminan yang bisa diterima oleh program DeFi penting, khususnya karena nilai keseluruhan yang digembok dalam prosedur ini capai titik paling tinggi selama hidup. Dengan volume perdagangan yang bertambah, pastikan transaksi bisnis bisa digerakkan secara cepat tanpa fluktuasi harga yang berarti.

Jumlah BTC yang sudah diubah jadi token wrapped bertambah. Menurut DeFi Pulse, nilai keseluruhan yang digembok di WBTC naik 943% dari tengah Mei sampai tengah Agustus 2020.

Bagaimana Saya Bisa Beli WBTC?

Ada beberapa pedagang sah yang memberikan dukungan Wrapped Bitcoin, terhitung CoinList. Dalam beberapa kasus, Anda kemungkinan perlu lewat pengecekan KYC di mana identitas Anda akan diverifikasi. Atau, Anda dapat lewat DEX — itu ialah kependekan untuk bursa terdesentralisasi.

Proses pencetakan WBTC relatif gampang.

Di dunia cryptocurrency, sudah lama ada keperluan untuk jembatan yang lebih bagus di antara blockchain khusus seperti Bitcoin dan Ethereum. Sama seperti yang sudah kita saksikan, token WBTC menolong mewujudkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.